7 Hobi ini akan membuat IQ dan kreativitas anda meningkat

7 Hobi ini akan membuat IQ dan kreativitas anda meningkat

Cara meningkatkan IQ – Tanpa disadari setiap aktivitas yang kita lakukan sebenarnya dapat mengembangkan, meningkatkan, atau bahkan menurunkan tingkat kecerdasan otak. Dan beberapa aktivitas, rutinitas, atau bahkan hobi yang kita miliki terbukti dapat meningkatkan IQ. Lalu apa saja hobi-hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak ? dibawah ini adalah ulasannya.

7 Hobi & Aktivitas yang meningkatkan kecerdasan otak

1 ) Meditasi

Walaupun meditasi adalah kegiatan untuk menenangkan diri, namun sebenernya aktivitas ini dapat juga meningkatkan kecerdasan otak, karena secara otomatis pikiran kita akan di bersihkan dari hal-hal negatif yang dapat menganggu. jika otak sudah di sterilkan maka hal tersebut akan memperkuat daya ingat, menenangkan batin, dan mengembangkan pola pikir.

2 ) Bermain alat musik

Sebuah penelitian pernah dilakukan mengenai cara meningkatkan IQ dengan cara yang menyenangkan, dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa bermain alat musik dan mendengarkan musik dapat meningkatkan kapasitas memori di otak. Selain itu belajar bermain alat musik mengajarkan kita tentang ketekunan, kesabaran, dan mendengarkan musik dapat meningktkan konsentrasi.

3 ) Mempelajari bahasa asing

Mempelajari bahasa asing ternyata juga dapat meningkatkan IQ kita, karena dengan belajar bahasa baru secara tidak sengaja kita menganalisa struktur gramatik dan berusaha mengingat kosa kata baru, dan kegiatan-kegiatan tersebutlah yang akan melatih dan menyehatkan otak kita. dan beberapa penelitian telah membuktikan orang dengan kecerdasan verbal-linguistiknya tinggi memilki kemampuan dalam pembuatan rencana, eksekutor, dan kemampuan problem solving yang baik.

4 ) Hobi travelling

Hobi travelling juga adalah cara meningkatkan IQ yang sangat menyenangkan, dengna banyak melihat tempat baru, bertemeu dengan orang baru di daerah baru, kemudian belajar budaya baru, dan mencicipi makanan khas daerah tersebut akan memberikan kita wawasan yang banyak, yang kemudian akan memunculkan ide-ide baru.

5 ) Memasak

Memasak ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan, karena memasak akan melatih kreativitas kita. orang yang pandai memasak biasanya juga sangat teliti dan berhati-hati dalam memasukan bumbu atau bahan makanan ke dalam masakannya. Tidak hanya kreativitas dan ketilitian saja yang akan anda latih namun kecakapan dalam pengambilan keputusan juga akan anda dapat dari hobi memasak, nah manfaat-manfaat tadilah yang akan meningkatkan IQ.

6 ) Bermain catur

Rasanya tidak perlu heran lagi mengapa hobi bermain catur dapat meningkatkan IQ, karena permainan ini akan benar-benar memaksimalkan kinerja otak kita untuk berpikir dan menyusun strategi demi mengalahkan lawan.

7 ) Hobi Fotografi

University of texas yang terletak di amerka serikat, melakukan penelitian tentang hobi yang dapat meningkatkan IQ dan fotografi menjadi salah satu hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan. lalu mengapa fotografi dapat meningkatkan kecerdasan intelektual kita ? Fotografi melatih kita untuk mengambil gambar yang terbaik dari sudut yang terbaik, dah hal itu memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi, tidak hanya itu saja fotografi juga melatih kepekaan kita terhadap sekitar.

Demikian adalah 7 Hobi yang dapat meningkatkan IQ, tidak ada salahnya untuk kita mencoba salah satu hobi di atas demi meningkatkan kecerdasan intelektual. Selain menyenangkan hobi di atas juga mencerdaskan, dan tidka hanya itu saja dengan meningkatkannya IQ maka akan mempertajam juga daya ingat kita.

One Comment

  1. wah catur masuk juga ya hahaha, benang merah dari semua hobi diatas adalah melatih pola pikir dan perspektif dalam suatu hal/keadaan….tp kayakny masih ada lagi deh selain 7 hobi diatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *