Apakah Anda Sulit Mendapatkan Pekerjaan? Mungkin 7 Hal ini Penyebabnya

Apakah Anda Sulit Mendapatkan Pekerjaan? Mungkin 7 Hal ini Penyebabnya

906
0
BERBAGI

Seperti yang diketahui, mencari serta mendapatkan pekerjaan pada dasarnya bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda seorang fresh gaduate yang tidak memiliki pengalaman apapun. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait dengan 7 penyebab sulit mendapatkan pekerjaan yang perlu Anda ketahui.

7 Penyebab Sulit Mendapatkan Pekerjaan

1 ) Kurang Informasi

Minimnya informasi adalah penyebab terbesar kenapa seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Terutama bagi Anda yang masih fresh graduate, informasi mengenai lowongan kerja adalah suatu hal yang sangat penting. Agar tidak ketinggalan, Anda bisa berlangganan koran yang seringkali memuat informasi lowongan kerja.

Lebih simpel dan praktis, ada baiknya jika Anda memanfaatkan jaringan internet untuk mencari info tentang lowongan pekerjaan terbaru. Hanya saja, jangan mudah percaya dengan loker yang beredar di internet. Sebab tak semua pengumuman loker tersebut adalah asli dan dikeluarkan oleh pihak yang bersangkutan.

Selain informasi mengenai lowongan kerja, penyebab sulit mendapatkan pekerjaan adalah kurangnya informasi mengenai perusahaan, jenis usaha, anak perusahaan hingga ideologinya.

2 ) Kurang Spesifik

Banyak pelamar pekerjaan yang salah saat membuat CV atau riwayat hidup. Anda yang memiliki banyak pengalaman sebaiknya jangan menyebutkan semua pengalaman tersebut di CV hanya karena ingin terlihat penuh. Pasalnya pihak perusahaan biasanya akan melihat pengalaman spesifik sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Jadi jika Anda ingin CV atau riwayat hidup dibaca dan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan, buatlah menjadi lebih spesifik dan menunjukkan kualitas dan kompetensi Anda sesuai dengan posisi lowongan kerja yang dibuka.

3 ) Tidak Jujur

Penyebab sulit mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah tidak jujur, Terutama saat pembuatan CV. Dimana kebanyakan pelamar melebih-lebihkan pengalaman ataupun keahlian yang dimiliki. Untuk membuktikan keahlian tersebut, biasanya interviewer akan meminta Anda untuk menunjukkannya saat wawancara.

Banyak pelamar yang gagal karena saat diminta untuk menunjukkan keahlian atau kemampuan yang tercantum dalam CV tidak bisa. Sebab hal tersebut menunjukkan bahwa si pelamar telah berbohong. Tentu saja hal ini menjadi nilai negatif untuk Anda.

4 ) Kurang Networking

Saat kuliah atau sekolah merupakan waktu yang tepat untuk Anda memperluas koneksi atau networking. Perbanyaklah teman-teman dan bersikap baiklah kepada mereka. Hal ini dilakukan agar saat Anda sedang kesusahan mencari pekerjaan, bukan tidak mungkin jika kawan Anda semasa kuliah tersebut memiliki informasi penting untuk Anda terkait dengan lowongan pekerjaan.

Rajin berkumpul bersama keluarga dan juga teman-teman juga akan membantu Anda mendapatkan banyak informasi tentang perusahaan yang kemungkinan sedang membutuhkan karyawan.

5 ) Kurang Latihan

Seringkali pelamar kerja gagal saat menjawab pertanyaan dari interviewer. Bahkan, ada pelamar yang gugup dan tidak bisa menjawab dengan benar.

Hal ini tentunya akan membuat interviewer enggan untuk mendalami diri Anda lebih jauh lagi. Sehingga sangat besar kemungkinannya Anda tidak diterima. Tak hanya itu, jawaban juga mempengaruhi berhasil atau tidak seseorang dalam wawancara. Cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah latihan. Jadi, perbanyak durasi latihan Anda.

6 ) Tidak Sesuai dengan Kemampuan

Penyebab selanjutnya adalah posisi yang dilamar tidak sesuai dengan pendidikan, kemampuan atau kompetensi Anda. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tersebut meskipun berbeda rumpun ilmu, setidaknya miliki sertifikat pendukung terkait dengan posisi yang dilamar.

7 ) Ucapan atau tulisan yang salah

CV dan surat lamaran yang typo atau rancu tulisannya, membuat interviewer menilai bahwa Anda tidak serius untuk melamar kerja. Selain itu, ucapan saat wawancara juga sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya Anda mendapat pekerjaan. Jadi, mintalah bantuan keluarga atau teman untuk memberi masukan terkait dengan jawaban yang Anda berikan saat menjawab pertanyaan tertentu.

Sekian ulasan mengenai 7 Penyebab sulit mendapatkan pekerjaan. Semoga menambah wawasan Anda.

LEAVE A REPLY