Apa itu Innovation room kemnaker ? dan fasilitas apa saja yang disediakan...

Apa itu Innovation room kemnaker ? dan fasilitas apa saja yang disediakan ? Cari tahu disini!

505
0
BERBAGI

Pada kamis tanggal 28 juni 2018 kemarin Innovation room atau ruang inovasi milik kemnaker diresmikan oleh M.Hanif Dhakiri selaku menteri ketenaga kerjaan republik Indonesia, di Gedung Parkir Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta.

Innovation room adalah sebuah upaya pemerintah pusat untuk mengembangkan bisnis dan konsep kreatif dari anak muda. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini anak-anak muda juga semakin termotivasi untuk merealisasikan konsep start-up nya.

Tidak hanya memfasilitasi kemnaker juga berupaya untuk melakukan pembinaan dan memberikan bantuan kepada anak-anak muda yang memiliki ide untuk membangun perusahaan rintisan atau start-up.

Menaker Hanif dhakiri juga mengatakan tujuan dari dibangunnya fasiltias ini selain untuk membantu anak muda dalam mewujudkan konsep mereka membuat start-up, juga sebagai upaya dalam menekan angka pengangguran, serta membuka lowongan pekerjaan yang lebih banyak lagi.

Program Innovation Room kata Menaker harus memberikan pembaruan mengenai penguasaan teknologi dan  wawasan di dunia industri kepada para anak muda mengerti know-how dan know-why terkait teknologi produksi dan proses hingga mampu membuat prototype, melakukan pengujian dan demonstrasi, menduplikasi, dan mengadaptasi teknologi yang dibutuhkan.

Dalam sambutannya saat peresmian kamis kemarin, menaker juga mengajak para investor, modal ventura, dan mitra perbankan untuk tidak ragu dalam melakukan pendanaan dan berkolaborasi dengan pelaku yang ada di Innovation Room. Kemudian ada apa saja di Innovation room?

Ada apa saja di Innovation room kemnaker ?

Di Innovation room ini tersedia pelatihan RnD talent serta pelatihan-pelatihan keterampilan kerja yang dibutuhkan “zaman now”, juga bisa melakukan sertifikasi dan masih banyak lainnya seperti :

  1. Incubator start-up berbasis sharing economy dan Impact social
  2. pelatihan & sertifikasi jenis pekerjaan baru dan jabatan baru
  3. Hackathon

Pelatihan dan sertifikasi keterampilan

  1. UI/UX Designer
  2. Social media specialist
  3. Content writer
  4. Digital marketing
  5. Data scientist
  6. Mobile developer
  7. Brand strategis

Para CEO dari start-up yang ada di Indonesia sendiri sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam memberikan dukungan kepada mereka dalam bentuk sebuah wadah, yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan produk-produknya, serta bagi pekerja kreatif juga sangat terbantu berkat adanya pelatihan dan sertifikasi.

LEAVE A REPLY