Ini dia 2 bisnis menguntungkan saat Rupiah melemah

Ini dia 2 bisnis menguntungkan saat Rupiah melemah

350
0
BERBAGI

Hari ini 3 juli 2018 nilai tukar mata uang rupiah kembali mengalami pelemahan terhadap dollar Amerika dan mencapai titik terendah selama 1 tahun yakni mencapai Rp 14.428

Akibat pelemahan rupiah terhadap dollar yang semakin hari semakin menjadi banyak bidang usaha dan bisnis yang mengalami kerugian.

Lemahnya rupiah pada hari ini pastinya juga membuat kita berpikir untuk tidak memulai bisnis terlebih dahulu, karena waktunya yang tidak tepat, harga-harga naik, dan faktor lainnya yang terpengaruh akibat penguatan dollar terhadap rupiah.

Namun walau begitu sebenarnya masih ada bisnis yang justru di untungkan karena pelemahan rupiah. Bisnis ini juga bukanlah bisnis recehan melainkan sangat menjanjikan dan berpotensi mendatangkan untung besar, karena memiliki prospek besar dengan dengan pelemahan rupiah. Apa saja?

Bisnis menguntungkan saat Rupiah melemah terhadap dollar

1 ) Eskportir

Bidang usaha eksportir dalam industri seperti perkebunan, kelautan, dan pertanian sepertinya akan cukup diuntungkan berkat pelemahan rupiah. Semakin melemahnya rupiah maka eksportir akan semakin untung.

keuntungan tersebut berasal dari segi jumlah sampai ke harga ekspor, kemudian akibat dari pelemahan rupiah membuat produk-produk dalam negeri mengalami penurunan harga yang membuat banyak orang membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak.

Dengan begini maka aktivitas ekspor akan mengalami peningkatan, karena adanya permintaan supply and demand yang tinggi pula.

2 ) Tour Guide

Ketika ada pelemahan nilai tukar uang di suatu negara, meyebabkan orang berbondong-bondong menukarkan mata uang asing. Hal ini juga disadari oleh para turis asing yang hendak berpariwisata.

keuntungan turis asing yang berlibur adalah mereka dapat liburan enak, menginap di hotel dengan harga yang lebih murah, makan dan berpergian ke tempat pariwisata tanpa harus merogok kocek dalam-dalam.

Jika kita dapat membaca peluang, maka turis asing yang datang membutuhkan seorang pemandu wisata yang hendak membawanya ke berbagai tempat liburan.

Dan ketika turis datang ke Indonesia maka butuh tour guide, Anda bisa jadi freelance untuk tour guide ke list para perusahaan travelling.

Namun bisnis-bisnis tersebut bisa disebut hanyalah aji mumpung alias memanfaatkan situasi saja. Yang perlu kita khawatirkan bila nilai tukar rupiah terus melemah makan banyan sektor yang akan dirugikan terutama sektor bisnis dan keuangan.

 

source : https://finance.detik.com/

LEAVE A REPLY