fbpx
4 faktor yang mengharuskan hijrah dari pengelolaan SDM tradisional ke Modern

4 faktor yang mengharuskan hijrah dari pengelolaan SDM tradisional ke Modern

Pada abad ke-21 ini teknologi informasi mengalami kebangkitan besar-besaran, dan terjadi dalam segala lini kehidupan manusia. Terbukti dari segala hal yang terjadi pada kehidupan kita saat ini, hampir semuanya terpengaruh dari informasi yang di dapat dari global, dengan menggunakan teknologi informasi dan gadget.

Banyak tren positif yang terjadi pada kehidupan kita setelah adanya perkembangan teknologi, dan hadirnya internet membuat manusia diberikan kemudahan untuk mengerjakan segala sesuatu.

Salah satu tren positif yang dibawa teknologi adalah cara bergaul dan berorganisasi sebuah kelompok. saat ini kita tidak perlu melakukan pertemuan hanya untuk bertukar informasi, ide ataupun gambar, cukup membuat grup pada aplikasi chatting sepertin Whatsapp semuanya sudah bisa dilakukan, serta jauh lebih hemat, cepat, dan mudah.

Dan hal tersebut juga terjadi pada dunia kerja saat ini, khususnya dalam pengelolaan SDM yang terkenal begitu rumit. Zaman sudah modern dan gadget semakin canggih, inilah saatnya dunia HR management juga hijrah (pindah) ke dalam sebuah sistem yang modern, agar dapat bisa bersaing dalam persaingan global.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memindahkan metode HR manajemen ke modern, salah satunya adalah dengan menggunakan HR software atau aplikasi seperti Payrollbozz. dan pada artikel kali ini akan dipaparkan 4 faktor yang mengharuskan hijrah dari HR manajemen dengan metode tradisional ke yang modern.

1 ) Sistem pencatatan dan pengumpulan data lebih terorganisir

Dengan sistem atau metode lama HRD harus mengambil data secara manual dari mesin absensi dan kemudian dipindahkan ke komputer untuk di olah. Cara manual seperti ini akan memakan waktu dan juga rentan di manipulasi, diperlukan sebuah sistem HRIS yang sudah dapat mengintegrasikan software yang ada pada mesin absen ke software penggajian atau software HRD, yang nanti datanya akan langsung di olah pada satu sistem yang bernama HRIS tersebut.

Sistem HRIS yang memilki fitur payroll atau kalkulasi penggajian, juga dapat menghitung gaji dengan otomatis. Laporan pun bisa dilihat secara digital. Selain itu dengan menggunakan sistem makan pengolahan data akan jauh lebih rapih dan terorganisisr, hal ini akan mempermudah HRD atau atasan dalam memantau kinerja para karyawannya.

2 ) Tantangan zaman

Faktor yang kedua adalah tantangan zaman. Bagi perusahaan yang tidak bisa menjawab perbuahan zaman atau mengikuti perkembangan bisnis dengan cepat, maka mungkin bisa di prediksikan bahwa perusahan tersebut tidak akan berumur lama. Perusahaan perlu memberikan perhatian yang khusus kepada segmen HR managemen, mengapa ini penting? singkat saja, karena karyawan adalah aset berharga, yang kinerja perlu perusahaan dukung.

Dengan menggunakan sistem HRD yang modern, urusan adminstrasi karyawan dengan perusahaan bisa diselasikan dengan cepatdan online. Segala jenis pengajuan seperti pengajuan penggantian biaya,lembiur, dan cuti semua bisa dikerjakan melalui sistem mulai dari pengajuannya hingga penyetujuannya secara online. Dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dari sebuah software HRD yang dibekali dengan pemrograman HRIS.

3 ) Menjunjung tinggi transparansi

Selain cepat dan efektif urusan adminstrasi perusahaan yang langsung berkaitan dengan karyawan juga harus transparan. Transparansi dibutuhkan agar semua aktivitas dapat dipertanggung jawabkan dan juga jujur, terlebih aktivitas yang melibatkan dana keuangan. Dengan menggunakan sistem yang transparan maka semua aktivitas akan dapat dengan mudah terekam, hal ini akan menguntungkan 2 belah pihak baik itu dari perusahaan maupun karyawan.

Perusahaan akan mengetahui segala aktivitas yang dilakukan oleh karyawannya dan sebaliknya karyawan juga akan mengetahui apabila saat penggajian nanti terdapat potongan. dengan menggunakan sistem maka potongan upah kerja akan diketahui, seperti potongan karena telat, tidak masuk kerja, izin dan sakit serta terdapat juga rinciannya.

4 ) Efisiensi dan terintegrasi

Kemudian hal yang terakhir yang membuat perusahaan harus hijrah dari metode kelola SDM yang tradisional ke sebuah sistem yang modern adalah integrasi. Jika semua data sudah terintegrasi ke dalam satu tempat, maka jauh lebih mudah mengontrolnya. Dengan sistem yang sudah terintegrasi maka efisiensi pun akan meningkat.

Demikian adalah 4 faktor yang mengharuskan perusahaan untuk pindah ke sistem HR manajemen yang lebih modern. Anda juga dapat menggunakan payrollbozz sebagai HR software dengan basis sistem HRIS, yang bisa anda sesuaikan dengan regulasi perusahaan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *