Hati-hati 7 profesi ini akan digantikan oleh mesin/robot suatu saat nanti.

Hati-hati 7 profesi ini akan digantikan oleh mesin/robot suatu saat nanti.

586
0
BERBAGI

Seperti yang kita bisa perkirakan bahwa suatu saat nanti mungkin saja pekerjaan manusia di ambil alih oleh robot, mesin, ataupun teknologi dalam bentuk perangkat lunak. Hal ini dapat kita perkirakan dengan melihat geliat teknologi saat ini yang semakin lama semakin mempermudah kerja manusia.

Hal ini juga disampaikan oleh Scott Dobroski seorang ahli dari komunitas glassdoor yang mengatakan “Di masa depan, tampaknya kebanyakan dari pekerjaan yang ada saat ini, dari kasir ke teller, akan diotomatisasi dan kebutuhan untuk orang sungguhan mengerjakan peran tersebut tidak akan diperlukan lagi saat teknologi sudah mampu dan mengambil tanggung jawab tersebut,”

Ini juga yang menjadikan beberapa profesi yang dikerjakan manusia dapat menghilang, dan perannya di gantikan oleh robot atau mesin. Kemudian profesi-profesi apa saja yang posisinya terancam digantikan oleh mesin, berikut ulasannya:

7 profesi yang akan tergantikan ole mesin/robot. 

1 ) Teller Bank 

Teller Bank sampai saat ini masih menjadi profesi yang cukup mayoritas, seiring semakin banyaknya usaha keuangan di indonesia. Namun profesi ini juga terancam tergantikan, karena peran dan tanggung jawabnya dapat dikerjakan oleh mesin ATM. Bahkan Mark Gilder yang menjabat sebagai Director of Distribution Strategy di Citibank mengatakan, “saat ini setidaknya 85 persen pekerjaan teller bank dapat dilakukan di ATM.”

Namun walau begitu profesi teller bank sampai saat ini masih tetap eksis, setidaknya sampai tahun 2022 tenaga kerja untuk profesi ini akan mengalami perubahan yang siginifikan, menurut Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) AS.

2 ) Reporter 

Melihat kemajuan teknologi informasi saat ini memang tiada yang tidak mungkin, kemudahan dalam mendapatkan informasi bisa kita dapatkan dari sumber manapun. Hal ini juga yang membuat profesi reporter terancam terkikis keberadaannya oleh citizen journalism (jurnalisme warga).

Terlebih peralatan seperti kamera, mic dan lainnya banyak dijual dengan harga yang murah dan kualitasnya yang bagus. Hal ini akan mendukung setiap orang menjadi seorang reporter, melalui sosial media atau internet.

3 ) Resepsionis telepon

Di jepang profesi resepsionis telepon atau penyambung telepon disebuah perusahaan, kini peran dan tanggung jawabnya sudah digantikan mesin sistem penjawab. Sistem penerima panggilan telepon ini disebut juga dengan virtual receptionist, yang menghubungkan jaringan telepon melalui sistem.

4 ) Juru ketik 

Pernah mendengar jasa juru ketik ? Mungkin saat ini kita sudah sangat jarang mendengar profesi tersebut. Namun dahulu profesi ini cukup ramai karena kebutuhan orang yang memiliki keterampilan mengetik dengan cepat dan akurat. tetapi seiring berjalannya waktu profesi juru ketik sudah tidak ada, dikarenakan tergantikan oleh teknologi pemindai suara.

5 ) Agen Perjalanan (Travel agent)

Sekali lagi kemajuan teknologi informasi memudahkan hidup manusia. Bila dulu jika kita ingin melakukan perjalanan, kita perlu pergi ke travel agen untuk melakukan pemesan tiket, hotel, kendaraan dan lainnya. Sekarang berkat internet, semua dapat dikerjakan secara online, yang jauh lebih hemat waktu dan praktis.

6 ) Buruh pabrik 

Saat ini buruh masih menjadi serikat pekerja terbesar di dunia, angka pekerja buruh yang tinggi sudah di pasti dipengaruhi oleh industri. Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak pekerjaan manusia di pabrik di ambil oleh robot. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur perangkat yaitu foxcom yang merupakan langganan perusahaan raksasa seperti Nokia dan Apple. Perusahaan manufaktur tersebut telah membeli 10000 robot untuk merakit produk, agar lebih cepat dan efisien.

7 ) Akuntan 

Ada banyak software akuntan yang bisa ditemukan, namun semuanya masih membutuhkan tenaga manusia untuk prosesnya. Baru-baru ini ada mesin akuntan Smacc yang dapat mempermudah proses akuntasi menjadi jauh lebih mudah dan modern, Klien hanya perlu menyerahkan dokumen yang kemudian nantinya Smacc akan mengubahnya menjadi format digital yang kompatibel dengan mesin tersebut, kemudian melakukan enskripsi data dan kemudian melakukan perhitungan sesuai kebutuhan.

 

LEAVE A REPLY