Begini cara merekrut seorang programmer yang handal

Begini cara merekrut seorang programmer yang handal

1102
0
BERBAGI

Mencari tenaga handal dengan kemampuan yang brilian untuk pekerjaan spesialis seperti programmer memang bukan perkara yang mudah bagi perusahaan, apalagi HRD yang merekrut tidak memilki dasar-dasar programming, bisa-bisa yang ada salah pilih. setidaknya sebagai kandidat programmer mereka harus memilki kemampuan regular expression (mengerti semua bahasa pemrograman), debugging (kemampun untuk melacak masalah), mampu menggunakan tools IDE, editor, dan CLI, dan masih banyak lainnya.

Dan pada artikel kali ini mari kita bahas mengenai cara merekrut programmer yang handal, metode ini diterapkan oleh perusahaan raksasa IT untuk merekrut programmernya. Untuk mengetahui apakah si kandidar memenuhi kualifikasi sebagai programmer yang handal, mungkin mereka harus melewati tes-tes berikut ini.

METODE/CARA MEREKRUT PROGRAMMER HANDAL 

1 ) Version control systems

Yang pertama bahwa seorang programmer harus memilki kemampuan untuk mengelola kode, cara membuat repositori, mengedit dan commit code tersebut serta branch dan juga mengkolaborasikannya dengan efektif sebagai bagian dari alur proyek menggunakan Git ataupun subversion.

2 ) Mampu menggunakan tools IDE, Editor, CLI

Walaupun kemampuan mereka dalam membuat source code dengan menggunakan notepad atau pico namun bila tidak bisa menggunakan tools IDE, editor ataupun yang lainnya sama juga bohong. Bila hanya menggunakan notepad maka proyek yang mereka kerjakan akan sangat lama, dengan bantuan tools-tools tersebut akan mempercepat kerja mereka.

3 ) Debugging

Cara merekrut programmer yang baik selanjutnya adalah pastikan mereka memilki kemampuan debugging. seorang programmer harus bisa men-debug dengan debugger interaktif atau dengan menaburkan pernyataan print secara bebas di seluruh kode. gunanya adalah untuk melacak masalah pada program untuk kemudian di perbaiki.

4 ) Pemrograman defensif

Untuk menguji apakah programmer tersebut memilki kualitas yang baik adalah mampu membuat pemrograman defensif, pertama-tama mereka harus memahami terlebih dahulu bahwa peringatan complier akan mempermudah mereka, bukan masalah yang harus dihindari. dan yang terpenting setiap programmer yang teruji harus tahu mengapa setiap program PHP harus dimulai dengan error_reporting(E_ALL), atau masing-masing programmer Perl dengan use strict; use warnings;.

5 ) Dapat bekerja dengan tim

yang terakhir cara merekrut programmer yang handal adalah mereka harus memilki kemampuan work team yang baik, kemampuan berkomunikasi yang baik, seperti yang kita tahu kemampu kerja sama tim wajib dimilki oleh setiap pekerja dari setiap bidang.

demikian adalah ulasan singkat mengenai metode atau cara merekrut programmer yang handal, Apabila semua kalifikasi di atas terpenuhi, mungkin kandidat tersebut adalah programmer yang perusahaan cari.

LEAVE A REPLY