7 Tips Meningkatkan Manajemen karyawan yang Membawa Harmoni ke Tempat Kerja

7 Tips Meningkatkan Manajemen karyawan yang Membawa Harmoni ke Tempat Kerja

762
0
BERBAGI

Tips meningkatkan manajemen karyawan – Bekerja di sebuah perusahaan dengan tensi kerja yang cukup tinggi dapat memicu emosi karyawan, apalagi jika segala sesuatunya tidak terorganisir dengan baik. Akibatnya karyawan yang terkena kondisi seperti ini akan terpengaruh produktivitasnya karena emosi, dan berpengaruh kepada keharmonisan mereka di kantor.

Untuk menciptakan situasi yang terkendali di dalam perusahaan dengan tensi kerja yang tinggi, perlu adanya pengelolaan manajemen karyawan yang baik, yang memperhatikan segala aspek dari karyawan tersebut. sehingga walaupun mereka terbebani oleh pekerjaan yang berat, namun tetapi tidak emosi dan tetap menjaga keharmonian di dalam kantor.

Dan untuk menciptakan manajemen karyawan yang baik memerlukan kiat-kiat khusus, untuk membuat karyawan bahagia dan tetap produktif, berikut adalah Kiat dan tips meningkatkan manajemen karyawan di perusahaan.

7 Tips Meningkatkan Manajemen karyawan yang Membawa Harmoni ke Tempat Kerja

1 ) Mengelola perekrutan yang bijak

Tips meningkatkan manajemen karyawan yang pertama adalah dengan menganalisa kebutuhan kerja, dengan seperti ini anda bisa melihat serta mengecek apakah ada sebuah perangkat atau tenaga kerja yang kurang. Jika ada sebaiknya segera anda penuhi demi menunjang produktivitas karyawan, dan apabila juga membutuhkan SDM, maka libatkanlah karyawan senior untuk melakukan perekrutan bersama divisi HR. Sistem akan berjalan dengan baik apabila perangkat kerja, pendukung, dan SDM nya memadai, maka dari asepek ini juga bisa mengurangi ketegangan dalam bekerja karena tugas yang menumpuk atau sistem yang tidak berjalan dengan lancar.

2 ) Reward sistem

Tidak ada satu orangpun yang bisa bahagia apabila mereka bekerja di perusahaan yang tidak menghargai kerja kerasnya. Tim HR memerlukan reward sistem yang setidaknya bisa memperhatikan atau menghargai kerja keras dari karyawannya, bisa juga memberikan hadiah, ataupun promosi kenaikan jabatan. ataupun juga dapat memberikan hal-hal kecil yang bisa membuat karyawan senang, seperti cuti spesial di hari ulang tahun mereka.

3 ) Komunikasi dan pendekatan yang beradab

HR manajemen perlu memberi tahukan kepada supervisor ataupun manajer yang memimpin tim kerja untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan melakukan pendekatan yang lebih manusiawi. walaupun zaman sudah modern yang memungkinkan manusia berkomunikasi hanya melalui gadget, namun komunikasi personal secara langsung harus tetap di dahulukan, agar bisa mengetahui apa yang sebenarnya karyawan butuhkan dan yang paling terpenting antara supervisor dan anak buah bisa saling mendukung.

4 ) Dengarkan karyawan anda baik-baik 

Seorang pembisnis yang baik tahu betul betapa pentingnya mendengarkan karyawan mereka, karena hal itu dapat membuat perusahaan akan semakin maju. dan Dengan mendengarkan saran karyawan juga itu barti anda telah mengajak karyawan untuk aktif dan kreatif dalam memajukan perusahaan.

5 ) Terapkan jam kerja yang fleksibel 

Anda akan mendapatkan banyak benefit ketika mulai berani menerapkan kebijakan jam kerja yang fleksibel. Berikan waktu yang fleksibel untuk karyawan anda agar bisa bekerja dengna lebih tenang. Walaupun minimal jam kerja dalam waktu satu pekan tetap harus di adakan, namun setidaknya adanya kebijakan jam kerja fleksibel ini akan lebih memberikan banyak opsi untuk karyawan. Pembisnis yang modern tahu betul bahwa membiarkan karyawan bekerja dengan cara yang praktis dengan menggunakan berbagai macam aplikasi akan membuat mereka senang yang pastinya juga dibarengi dengan efektivitas kerja.

6 ) Tunda project baru

Tunda proyek baru yang bisa membuat beban perusahaan semakin berat. setiap orang memiliki kapasitas jangan sampai karyawan dipaksa untuk melahap pekerjaan melebihi apa yang bisa mereka makan. Proyek-proyek yang tidak bisa ditangani dengan baik, justru akan menimbulkan ketegangan pada kubu internal perusahaan, yang juga akan memudarkan keharmonisan.

7 ) Menaruh investasi kepada karyawan 

Terakhir kiat dan tips meningkatkan manajemen karyawan agar terjadinya keharmonisan pada perusahaan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendidikan karyawan secara berjenjang. Pelatihan berfungsi untuk mengevaluasi sejauh mana ketarampilan bekerja karyawan, dan pendidikan di butuhkan untuk menambah pengetahuan mereka, dan juga persiapan ke jabatan yang lebih tinggi.

LEAVE A REPLY