Aplikasi Payroll Berbasis Web (Sistem Penggajian)

Aplikasi Payroll Berbasis Web (Sistem Penggajian)

Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, banyak produk teknologi mutakhir yang muncul untuk meringankan pekerjaan manusia.

Kehadiran beberapa teknologi baru ini diharapkan bisa menjadi alternatif tersendiri bagi manusia agar dapat memaksimalkan kinerjanya.

Dalam sebuah perusahaan besar, kerja Human Resource Development (HRD) adalah menangani berbagai hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari absensi, gaji, asuransi, dan lain sebagainya.

Tanpa bantuan teknologi, pekerjaan HRD memang sangat merepotkan. Aplikasi payroll berbasis web hadir sebagai solusi permasalahan rumit yang dihadapi oleh bagian sumber daya manusia. Software canggih ini akan membantu pertumbuhan perusahaan.

Seperti Apa Kinerja Aplikasi Payroll Berbasis Web?

software-penggajian-karyawan-3

Aplikasi payroll seperti yang sudah dijelaskan pada uraian sebelumnya adalah perangkat lunak yang memiliki banyak fungsi di bidang penghitungan gaji.

Proses payroll berimpilkasi dengan banyak aspek seperti pemotongan pajak dan pinjaman. Terlebih lagi dengan pemotongan pajak yang harus disesuaikan dengan gaji masing-masing karyawan dan juga memastikan pajak tersebut dibayarkan dengan benar ke instansi pemerintahan.

Penghitungan pajak yang kurang tepat akan berakibat fatal, bahkan bisa membuat tim HR terkena denda sampai dengan dipenjara. Oleh karena itu, bagian HR harus benar-benar teliti dan jeli mengurusi permasalahan karyawan.

Aplikasi payroll berbasis web adalah perangkat lunak terbaru yang akan membantu kerja HR yang mudah dan murah.

Aplikasi ini memberikan manfaat yang nyata dalam usaha menangani perhitungan payroll yang otomatis. Aplikasi berbasis web ini sengaja dibangun dengan fungsionalitas yang tinggi dan memungkinkan untuk pengolahan data secara komprehensif dan menyederhanakan sistem penggajian gaji di perusahaan Anda.

Proses payroll berbasis web ini memungkinkan Anda untuk membuat aturan serta menentukan logika bisnis yang berhubungan dengan absensi, cuti, pemotongan pinjaman, BPJS, Tunjangan, pajak, lembur, dan rembes. Dengan demikian, proses penghitungan gaji bisa lebih akurat dan sangat mudah.

cara-menghitung-gaji-karyawan

Secara garis besar, hal yang diuraikan di atas menjadi fungsi dari aplikasi payroll ini. Untuk perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan, bahkan ribuan, sangat disarankan untuk memilih menggunakan sistem penggajian berbasis web ini.

Dengan aplikasi ini, semua kendala yang ada di bagian sumber daya manusia akan bisa diselesaikan dengan baik. Bagi Anda yang masih ragu, mungkin pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara mengaplikasikan perangkat lunak ini? Lalu, apakah data-data karyawan akan tetap menjadi rahasia perusahaan? Di mana Anda bisa mendapatkan aplikasi modern ini?

Berkaitan dengan cara mengoperasikan perangkat lunak ini, Anda tidak perlu khawatir. Awalnya, mungkin Anda harus belajar terlebih dahulu bagaimana cara mengoperasikan sistem ini.

Perusahaan multimedia yang menjual Aplikasi payroll berbasis web yang berkualitas biasanya sekaligus memberikan pelatihan untuk masa-masa awal.

Dengan pelatihan ini, Anda tidak akan kesulitan mengoperasikan sistem ini. Selain itu, sistem juga sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Sistem payroll yang berkualitas bahkan bisa diakses dengan menggunakan gadget Anda.

Lalu, berkaitan dengan pertanyaan apakah sistem penggajian berbasis web ini mampu menyimpan data karyawan dan data perusahaan secara rahasia? Tentu saja.

Meskipun sistemnya berbasis internet, rahasia perusahaan tetap ada di tangan Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut apalagi was-was mengenai data perusahaan. Rahasia sangat terjamin.

Terakhir, dimanakah Anda bisa mendapatkan Aplikasi payroll ini? Sebenarnya, Anda bisa dengan mudah menemukannya di internet.

Banyak perusahaan multimedia yang menawarkan software payroll. Karena terlalu banyaknya, Anda bahkan akan disibukkan dengan usaha mencari perusahaan penyedia aplikasi payroll yang berkualitas. Berbagai produk yang beredar tidak serta merta semuanya adalah produk terpercaya. Ada juga produk tidak berkualitas yang diluncurkan demi keuntungan semata.

Mencari Aplikasi Payroll berbasis Web yang Berkualitas

software-penghitungan-gaji-2

Aplikasi payroll berbasis web berkaitan dengan teknologi modern. Jika Anda mencarinya melalui dunia maya, pastikan Anda menemukan situs web yang komunikatif, interaktif dan profesional.

Sebagai perusahaan yang menangani aplikasi web, sudah seharusnya memiliki kredibilitas yang tinggi di bidang teknologi. Anda bisa lihat penampilan websitenya, apakah cukup informatif dan menarik, ataukah biasa-biasa saja.

Perusahaan penyedia software payroll yang berkualitas pasti memiliki situs web yang informatif, ringan, dan menarik. Jika tidak, mungkin perusahaan tersebut belum bisa diandalkan.

Lalu, untuk memastikan apakah aplikasi payroll yang akan Anda beli adalah produk berkualitas, teliti juga apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Fitur-fitur standar yang wajib ada pada sebuah aplikasi payroll adalah sebagai berikut.

1 ) Acces anytime anywhere

Sebuah aplikasi atau sistem perangkat lunak payroll yang berkualitas seharusnya bisa diakses kapan pun dan di mana pun tanpa dibatasi waktu. Kemudahan aksesnya didukung juga dengan menggunakan smartphone atau gadget. Jadi, pihak HRD bisa secara real time melihat hal-hal berkaitan dengan karyawan.

2 ) Track attendance accurately

Hal yang berkaitan dengan absensi jadwal, dan pencatatan lembur memang cukup memusingkan. Akan tetapi, dengan hadirnya payroll yang berkualitas akan membantu pencatatan absensi yang sangat akurat pada data karyawan yang berkaitan dengan absensi melalui foto, sidik jari, atau kartu, pengaturan jadwal kerja; pencatatan lembur; dan juga pengaturan penalty.

3 ) Flexible and peperless payroll

Perangkat lunak yang berkualitas juga memiliki formula yang sangat fleksibel dan pengaturan yang komprehensif. Dengan menggunakan Aplikasi payroll berbasis web yang berkualitas, Anda sudah ikut serta dalam pengurangan penggunaan kertas dan menjadi perusahaan yang mendukung goo green.

4 ) Tax, reimbursement, & loan management

Ciri perangkat lunak payroll yang berkualitas adalah mampu memberikan kemudahan untuk mengatur pajak karyawan, rembes, dan juga aplikasi pinjaman.

5 ) Powerfull reporting tools

Kemudahan dari sebuah aplikasi yang berkualitas adalah mampu melaporkan rekap gaji, perkembangan perusahaan, hanya dengan ujung jari Anda. Kemudahan seperti ini tentu akan sangat menguntungkan.

6 ) Integrated leave system

Permasalahan cuti karyawan pun tak perlu membuat HRD merasa bingung. Dengan payroll yang berkualitas, semua sistem cuti sudah terintegrasi dengan absensi dan juga payroll.

7 ) Employee self service

Bagian administrasi HR dapat menyimpan seluruh hal yang berkaitan dengan karyawan di sistem ini, yaitu semua hal yang berkaitan dengan profile pegawai, pajak, cuti, tugas, rekap gaji, dan absensi.

software-payroll-indonesia-2

Beberapa hal di atas adalah ciri-ciri fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi payroll berbasis web yang berkualitas. Tentu tidak hanya berbekal tulisan saja, pihak penyedia software juga harus melakukan pendampingan untuk masa tertentu.

Biasanya, para penjual software ini memberikan fasilitas coba aplikasi gratis untuk masa waktu satu bulan. Anda bisa memanfaatkan masa satu bulan percobaan ini dengan baik.

Pelajari kinerja sistem agar Anda pun mendapatkan kemudahan dan manfaat dari aplikasi ini. Setelah itu, Anda pun dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Demikian adalah uraian mengenai aplikasi payroll yang berkualitas dan canggih. Semoga uraian sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda dan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *