Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, untuk Kelancaran Berkomunikasi dengan Mitra Asing

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, untuk Kelancaran Berkomunikasi dengan Mitra Asing

cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

2156
0
BERBAGI

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan untuk berinteraksi, selain beberapa bahasa asing lainnya, seperti, Mandarin, Arab, Spanyol, dan Perancis.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kemampuan untuk dapat berbicara dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang  memiliki mitra asing.

Jika Anda merasa masih memiliki kemampuan bahasa yang kurang memadai, informasi berikut ini tentang cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris perlu Anda simak dengan seksama.

Hal tersebut penting bagi Anda karena dapat menunjang kelancaran berkomunikasi dengan mitra Anda yang berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Jika selama ini Anda mengira kemampuan berbahasa Inggris hanya dapat ditingkatkan dengan mengikuti kursus bahasa, maka Anda perlu merubah anggapan tersebut.

Hal ini dikarenakan Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan melakukan beberapa hal sederhana berikut ini.

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Melakukan Beberapa Kebiasaan Baik Ini

Mendengar percakapan dalam bahasa Inggris

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-1

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan sering mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris atau yang lebih dikenal dengan istilah listening.

Kegiatan ini mungkin terdengar seperti hal yang cukup sepele, namun perlu Anda ketahui bahwa dengan sering mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris maka Anda akan terbiasa mendengarkan berbagai istilah asing.

Pastinya Anda sudah mengerti bukan jika tulisan untuk beberapa istilah dalam bahasa Inggris seringkali berbeda dengan pengucapannya? Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui pengucapan setiap istilah dengan benar agar pemahaman Anda dapat meningkat dengan baik.

Selain itu, hal ini juga penting untuk menghindarkan Anda dari kesalahan pemahaman istilah tertentu karena beberapa istilah dalam bahasa Inggris terkadang terdengar serupa sehingga Anda perlu benar-benar menyimak pengucapannya.

Perbanyak membaca referensi bahasa Inggris

Cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris berikutnya adalah dengan banyak membaca berbagai bacaan berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris Anda tidak bisa meningkat dengan baik jika tidak Anda imbangi dengan banyaknya membaca bacaan dalam bahasa Inggris.

Kebiasaan yang lebih lazim disebut dengan istilah reading ini sangat bermanfaat terutama untuk menambah jumlah kosakata dalam bahasa Inggris yang Anda ketahui.

Apabila Anda membaca suatu bacaan dan tidak mengetahui arti dari suatu istilah tertentu, maka secara otomatis Anda akan mencari tahu apakah arti dari istilah tersebut bukan? Kebiasaan ini jika Anda lakukan secara terus menerus, maka akan meningkatkan pemahaman berbahasa Inggris Anda secara signifikan.

Latih berbicara atau speaking

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-3

Setelah sering mendengar dan membaca berbagai hal dalam bahasa Inggris, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan sering membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Hal ini perlu Anda lakukan agar lidah Anda terbiasa mengucapkan berbagai istilah dalam bahasa asing. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa istilah dalam bahasa Inggris yang memiliki perbedaan antara penulisan dan pengucapannya.

Oleh karena itu, agar pengucapan istilah yang Anda lakukan tidak menimbulkan salah penafsiran bagi para pendengarnya, maka Anda harus sering-sering melatih pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Jika Anda masih belum memiliki kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris di depan banyak orang, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba berbicara dengan menghadap cermin.

Cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tersebut dianggap cukup efektif untuk melatih Anda mengetahui kesalahan dari pengucapan yang dilakukan. Dengan menghadap cermin secara otomatis Anda dapat melihat ekspresi wajah dari pengucapan istilah tertentu.

Hal ini dapat melatih Anda agar tidak mengulang-ulang pengucapan kata yang salah. Setelah merasa cukup memiliki kepercayaan diri, selanjutnya Anda bisa mulai mencari teman untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Berlatih menulis menggunakan bahasa Inggris

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-4

Seperti yang diketahui, dalam bahasa Inggris terdapat sejumlah rumus dalam tata bahasanya atau yang lebih dikenal dengan istilah grammar yang harus diikuti kaedah penulisannya.

Untuk mengungkapkan kejadian yang telah berlangsung, sedang berlangsung, dan akan berlangsung terdapat perbedaan tata bahasa yang harus Anda pahami agar maksud yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh orang lain.

Kebiasaan ini dapat dikatakan cukup menantang dibanding ketiga kebiasaan lainnya, oleh karena itu, Anda perlu bersabar dalam menjalaninya. Jika Anda telah melakukan keempat kebiasaan tersebut, maka kemampuan berbahasa Inggris baik dalam pengucapan maupun penulisan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain melakukan beberapa kebiasaan yang dapat Anda jadikan sebagai cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, terdapat beberapa metode yang juga dapat menunjang kemampuan berbahasa asing tersebut.

Metode Menyenangkan dari Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris.

Agar pembelajaran bahasa Inggris Anda berjalan dengan menyenangkan, terdapat beberapa metode baik untuk listening, reading, maupun speaking yang dapat dipraktekkan.

Mendengar lagu atau menonton film berbahasa Inggris

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-5

Melatih kebiasaan mendengar percakapan dalam bahasa Inggris dengan lagu atau menonton film tanpa menggunakan terjemahan.

Ini adalah metode paling menyenangkan yang banyak dipraktekkan karena biasanya kata-kata yang terdapat baik pada lagu maupun skenario film dapat dikatakan cukup sederhana.

Selain itu, dengan melakukan kedua hal tersebut Anda juga tidak merasa digurui sehingga kegiatan belajar bahasa Inggris yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih santai. Kelebihan lain yang Anda dapatkan dari metode ini adalah Anda dapat memahami pengucapan suatu istilah dengan ekspresi yang tepat.

Membaca novel bahasa inggris

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-6

Metode kedua dari cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat Anda lakukan adalah dengan membaca novel atau cerita-cerita berbahasa Inggris yang digemari.

Kegiatan ini selain akan membuat Anda mengerti suatu kisah yang menarik juga secara otomatis akan menambah jumlah kosakata yang dipahami.

Metode ini dapat Anda lakukan agar terbiasa dengan bacaan berbahasa Inggris sebelum akhirnya memahami dengan berbagai bacaan yang tergolong berat, seperti, koran dan jurnal. Selain itu, metode ini juga bermanfaat untuk membangkitkan semangat membaca pada diri Anda.

Cari sparring partner untuk berbicara bahasa Inggris

cara-meningkatkan-kemampuan-berbahasa-inggris-3

Metode terakhir adalah berbicara dalam bahasa Inggris bersama sparring partner. Teman belajar tersebut sangat bermanfaat agar Anda semakin termotivasi dalam belajar.

Hal tersebut dimungkinkan apabila teman belajar Anda memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris melebihi Anda. Selain itu, Anda dan teman juga dapat saling melakukan koreksi terhadap kesalahan berbicara dalam bahasa Inggris yang dilakukan.

Metode ini dijamin akan sangat menyenangkan karena Anda dan teman tidak harus selalu serius, sebaliknya Anda masih tetap bisa bergurau.

Demikianlah ulasan tentang berbagai hal terkait cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat Anda praktekkan. Jadi mulai saat ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak belajar berbicara dalam bahasa Inggris karena semuanya dapat dilakukan mulai dari hal-hal yang sederhana.

Bagaimana menarik bukan? Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki.

LEAVE A REPLY