Berikut Adalah Jenis Tunjangan Biaya Pengobatan Karyawan Sesuai PPH 21

Berikut Adalah Jenis Tunjangan Biaya Pengobatan Karyawan Sesuai PPH 21

Apakah Anda adalah seorang karyawan baru dalam sebuah perusahaan? Jika iya, pastikan Anda sudah mengetahui tentang apa itu tunjangan kerja. Sebagai karyawan baru, tentu Anda harus mengerti benar tentang tunjangan-tunjangan yang wajib ada dalam tanggung jawab perusahaan.

Sebuah perusahaan memiliki beberapa tunjangan untuk membantu meringankan beban karyawannya seperti tunjangan pengobatan karyawan, tunjangan keselamatan kerja, tunjangan gaji berupa bonus saat hari raya dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini, akan dibahas sedikit mengenai salah satu tunjangan yang cukup penting untuk diketahui yakni tunjangan mengenai pengobatan serta bagaimana peraturan tunjangan kesehatan ini dengan pajak penghasilan.

Jenis-Jenis Tunjangan Pengobatan Karyawan

tunjangan-pengobatan-karyawan-1

Sebagai seorang karyawan, tentunya Anda harus menyadari dan mengetahui bahwa salah satu tunjangan yang teramat penting yang harus dimiliki oleh karyawan adalah pengobatan karyawan. Banyak orang mengatakan bahwa keselamatan adalah hal yang harus menjadi pertimbangan nomor satu.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat menjamin keselamatan kerja dan memberikan fasilitas kesehatan yang mumpuni untuk membantu penanganan medis terhadap karyawan-karyawan perusahaan tersebut.

Tunjangan pengobatan merupakan tunjangan kesehatan yang memberikan jaminan kepada karyawan untuk mendapatkan bantuan dalam pengelolaan dana dari perusahaan saat karyawan membutuhkan pertolongan dalam bidang medis.

family doctor

Mengingat biaya medis tidak murah, dengan adanya tunjangan ini, karyawan akan cukup terbantu untuk dapat memenuhi kebutuhan pengobatan dan medis. Selain membantu karyawan, tunjangan pengobatan ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua perusahaan dengan dasar hukum.

Pengambilan dan penggunaan biaya untuk tunjangan kesehatan karyawan ini juga masuk dalam peraturan perpajakan yakni PPH 21.

Di dalam tunjangan pengobatan karyawan, terdapat beberapa jenis tunjangan yang bisa Anda peroleh selama bekerja dalam perusahaan tersebut.

Ada perusahaan yang memberikan tunjangan dengan membayarkan langsung pada gaji, memberikan tunjangan dengan bekerjasama dengan dokter atau instansi kesehatan dan juga dengan memberikan penggantian biaya pengobatan karyawan.

Seluruh karyawan sudah pasti memiliki hak atas tunjangan pengobatan bagaimanapun cara yang dipilih oleh perusahaan. Dalam pengaturannya, hak atas tunjangan-tunjangan ini menganut pada PPH 21.

Nah, apa saja sih jenis-jenis dari tunjangan pengobatan karyawan dengan PPH 21? Berikut informasinya untuk Anda mengenai jenis-jenis fasilitas tunjangan pengobatan karyawan.

1 ) Jenis fasilitas pertama untuk kebutuhan medis dengan memberikan tunjangan pengobatan dengan cara memberikan sejumlah uang dalam gaji karyawan setiap bulan dengan jumlah uang yang sama.

tunjangan-pengobatan-karyawan-3

Pemberian nominal tunjangan pengobatan karyawan ini telah disesuaikan, dihitung dan melalui beberapa pertimbangan. Sebuah perusahaan biasanya akan menjalin kerjasama dengan dokter-dokter atau rumah sakit untuk membantu dalam memberikan fasilitas tunjangan kesehatan agar lebih mudah dalam mengontrol budget tunjangan kesehatan.

Secara periodik, perusahaan akan membayar klinik, dokter atau rumah sakit yang diajak bekerjasama. Jika ingin berobat, maka karyawan akan disarankan untuk terlebih dahulu mencoba memeriksakan diri ke dokter atau klinik yang telah diajak bekerja sama tersebut.

Uang yang digunakan dalam pembayaran klinik atau dokter ini adalah uang tunjangan pengobatan yang diambil dengan cara memotong penghasilan karyawan. Jadi, dengan kata lain, cara ini menggunakan penghasilan karyawan dalam perusahaan untuk menanggung biaya tunjangan kesehatan.

Jumlah tunjangan yang kemudian diambil oleh perusahaan kembali jumlahnya menjadi berkurang karena telah mendapat potongan pajak penghasilan dengan dasar pasal 21 pada perusahaan.

2 ) Fasilitas tunjangan pengobatan yang kedua adalah dengan memberikan sejumlah uang yang dimasukkan ke dalam penghasilan karyawan setiap bulan dengan nominal yang sama.

tunjangan-pengobatan-karyawan-4

Nominal uang tersebut tentunya telah dipertimbangkan terlebih dahulu dengan perkiraan biaya kebutuhan medis selama satu tahun. Dengan cara ini, pegawai kemudian bebas dapat menggunakan uang tersebut dan perusahaan tidak menanggung biaya pengobatan lagi apabila karyawan membutuhkan pertolongan medis atau pengobatan.

Apabila perusahaan memakai cara ini untuk memberikan tunjangan pengobatan, maka karyawan harus lebih berhati-hati dan bisa mengatur keuangan lebih baik agar tunjangan tersebut bisa digunakan di saat yang tepat.

3 ) Fasilitas tunjangan kesehatan yang ketiga untuk tunjangan kesehatan karyawan adalah dengan memberikan fasilitas pengobatan yang sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan.

tunjangan-pengobatan-karyawan-5

Perusahaan seperti ini biasanya menyediakan ruang khusus untuk karyawan memeriksakan diri atau mendapatkan pelayanan medis dari dokter yang telah diajak bekerja sama. Untuk biaya dokter, perusahaan benar-benar menganggarkan biaya tersendiri tanpa membebani penghasilan karyawan.

Tidak hanya dokter saja, perusahaan juga menyediakan obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan karyawan. Apabila karyawan membutuhkan pertolongan medis di luar kantor, maka perusahaan akan menyarankan untuk memeriksakan diri ke klinik atau dokter yang telah diajak bekerjasama.

Tidak hanya dengan dokter dan klinik, perusahaan biasanya juga menjalin kerjasama dengan rumah sakit untuk karyawan yang membutuhkan perawatan intensif.

4 ) Fasilitas yang terakhir untuk memberikan tunjangan pengobatan karyawan adalah penggantian biaya pengobatan. Penggantian biaya pengobatan ini tampaknya menjadi fasilitas tunjangan yang begitu menguntungkan untuk karyawan.

tunjangan-pengobatan-karyawan-6

Cara kerja fasilitas ini adalah dengan menukarkan kuitansi pembayaran biaya kesehatan kepada perusahaan dan karyawan akan mendapatkan uang pengganti.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggantian biaya ini tergantung kebijakan perusahaan yang mana bisa di ganti total atau hanya beberapa persen saja dari biaya yang habis untuk berobat.

Jadi, sebaiknya jika Anda adalah karyawan baru, Anda lebih baik bertanya mengenai kepastian nominal penggantian apabila perusahaan Anda memilih cara ini untuk memberikan tunjangan pengobatan. Hal ini sangat berguna untuk Anda dalam mempersiapkan dana apabila ternyata penggantian tidak dilakukan dalam jumlah nominal penuh.

Tunjangan Pengobatan untuk Karyawan dengan Menggunakan Asuransi

Health insurance document

Beberapa jenis tunjangan pengobatan karyawan yang telah di sebutkan di atas merupakan cara-cara perusahaan memberikan fasilitas untuk karyawannya dengan pengelolaan keuangan mandiri dengan mempertimbangkan potongan pajak penghasilan 21.

Akan tetapi, selain cara-cara mandiri tersebut  di atas, masih ada satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan tunjangan bagi kebutuhan medis karyawan. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan asuransi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali perusahaan asuransi baik swasta ataupun BUMN dan BUMD.

Biasanya, asuransi yang dipilih oleh perusahaan dalam membantu memfasilitasi karyawan untuk tunjangan pengobatan adalah asuransi BUMN yang mana lebih terpercaya seperti Jamsostek dan BPJS.

Cara pemberian tunjangan dengan Jamsostek dan BPJS ini adalah perusahaan membayarkan premi asuransi kepada salah satu dari dua perusahaan tersebut setiap bulannya. Dengan demikian, saat karyawan membutuhkan dana untuk keperluan medis, maka perusahaan tak lagi ikut campur untuk urusan tunjangan pengobatan melainkan hal ini akan diurus oleh BPJS atau Jamsostek.

Cara ini merupakan cara yang cukup memudahkan baik karyawan atau perusahaan untuk mengatur tunjangan pengobatan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis tunjangan pengobatan karyawan yang biasanya di gunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Meskipun semua perusahaan memberikan fasilitas tunjangan kesehatan, ada baiknya sebagai karyawan, Anda memiliki cadangan dana tersendiri untuk digunakan pada kebutuhan medis yang mendadak. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *