fbpx
Cara Menghilangkan Rasa Malas Dalam Bekerja (Lazy is Enemy)

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dalam Bekerja (Lazy is Enemy)

Rasa malas kerap saja melanda seseorang entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Jika kita terus memelihara rasa malas, sudah pasti di waktu yang akan datang kita akan mendapatkan kerugian. Cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja bisa ditempuh dengan berbagai hal.

Tidak mudah memang usaha menghilangkan kemalasan ini, tetapi Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Kepedulian terhadap tanggung jawab yang harus dilakukan adalah pendorong utama agar seseorang terhindar dari rasa malas. Untuk informasi lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Bekerja yang Efektif

blank

Entah itu disebut sebagai kemalasan, kemageran, kelelahan atau apa pun, ide tak melakukan perbuatan apa pun di saat ada yang perlu dilakukan merupakan salah satu tanda kelemahan atau munculnya rasa tak bertanggung jawab.

Rasa malas memang kerap muncul saat Anda menghadapi pekerjaan yang membosankan atau hal yang berkaitan dengan permasalahan yang pelik. Selain itu, pengaruh terlalu biasa menunda-nunda waktu juga membuat Anda lalai dan akhirnya malas mengerjakan pekerjaan Anda.

Apa pun penyebabnya, rasa malas ini harus benar-benar dihilangkan agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah kiat untuk menghilangkan rasa malas ketika bekerja.

1 ) Membulatkan Tekad

Kemalasan tidak datang tiba-tiba. Setiap kali rasa malas itu menyerang Anda, pikirkanlah apa sebenarnya penyebabnya. Kemalasan sebenarnya bukan inti dari masalah yang sedang dihadapi.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pasti bisa menghilangkan rasa malas itu. Bertekadlah untuk maju dan menghadapi apa pun yang akan menjadi penghambat Anda untuk maju. Membuat cita-cita besar memang mudah, tetapi untuk mewujudkannya membutuhkan perjuangan yang besar.

Tekad yang bulat untuk maju sangat penting demi mewujudkan seluruh cita-cita Anda. Membulatkan tekad dan menentukan tujuan atau cita-cita adalah cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja yang utama.

2 ) Bersiap-siap

Setelah Anda memiliki tekad yang bulat dan cita-cita yang harus di raih, saatnya Anda mempersiapkan diri Anda. Apa yang harus disiapkan? Hal utama yang harus Anda siapkan adalah tubuh Anda.

Menghilangkan rasa malas saat bekerja mungkin belum bisa Anda lakukan jika Anda belum mampu menghilangkan rasa malas untuk merawat diri sendiri. Mulailah membiasakan diri untuk bangun pagi-pagi agar tubuh Anda selalu bugar.

Setelah itu, berolahragalah secara teratur untuk investasi kesehatan di masa yang akan datang dan jangan lupa makanlah secara teratur. Jika tubuh Anda sehat, semua pekerjaan Anda pasti akan bisa terselesaikan.

Setelah mempersiapkan diri Anda, selanjutnya belajarlah untuk hidup secara teratur. Untuk pelatihan awal, biasakan membuat jadwal harian. Cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja yang paling efektif adalah dengan membuat jadwal harian. Patuhi semua jadwal yang telah Anda buat.

Ingat, hidup teratur akan mampu mewujudkan cita-cita Anda. Lalu, dalam membuat jadwal, jangan lupa untuk mencantumkan hal-hal yang berbau hiburan.

Hal ini untuk mencegah timbulnya rasa bosan dan frustasi yang akan membuat Anda menjadi malas. Sesekali, Anda bisa menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga tercinta, entah itu liburan, nonton film, atau apa pun.

3 ) Melakukan Tindakan

Setelah membuat tekad dan mempersiapkan diri, sekarang saatnya Anda memulai semua cita-cita Anda. Semua yang Anda perjuangkan ini memiliki awal dan akhir. Memulai sesuatu memang tidak semudah membalikkan tangan. Jika seseorang lupa akan tekad dan tujuannya, Ia mungkin akan terus enggan melakukan sesuatu.

Ingat, jangan meremehkan diri Anda. Sebenarnya, Anda mampu melakukan hal-hal yang Anda anggap tidak bisa. Buang jauh-jauh mindset “tidak bisa” dalam benak Anda. Jika ada kemauan yang kuat, semua hal pasti bisa dilakukan.

Kiat untuk menghilangkan rasa malas dalam bekerja yakni dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya. Jika di waktu pagi Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, jangan menunggu siang, sore, atau malam.

Kerjakan saat itu juga. Menunda-nunda pekerjaan malah akan memberatkan Anda karena akan ada pekerjaan yang lain. Bagilah waktu Anda dengan sebaik-baiknya agar tanggung jawab harian Anda bisa terpenuhi tanpa menimbulkan rasa bosan atau stress.

Setiap orang memang terkadang tidak hanya memiliki satu pekerjaan atau satu hal yang harus dikerjakan. Terkadang, kita diharuskan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu hari. Jika Anda menghadapi hal yang demikian, ingat, jangan stress.

Buatlah peta prioritas, misalnya penting mendesak, penting tidak mendesak, dan lain-lain. Mulailah mengerjakan pekerjaan yang penting dan mendesak. Pekerjaan yang tidak mendesak bisa Anda kerjakan setelah menyelesaikan hal-hal yang mendesak. Dengan demikian, Anda sudah belajar untuk cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja.

4 ) Tetap Termotivasi

Motivasi atau dorongan kuat dari dalam diri sendiri adalah bekal penting dalam. Upaya membunuh rasa malas dalam bekerja. Teruslah memotivasi diri Anda sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Cobalah untuk mengapreasi diri Anda sendiri dengan menghadiahkan diri Anda dengan hal-hal kecil saat suatu pekerjaan telah selesai. Penghargaan seperti ini akan memberikan dorongan semangat yang luar biasa. Anggap saja hadiah ini adalah imbalan atas kerja keras Anda sehingga Anda tidak lagi malas mengerjakan sesuatu.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Bekerja Menurut Sudut Pandang Islam

blank

Untuk mereka yang beragama Islam, sejak kecil kita memang sudah diajarkan untuk hidup giat dan tidak malas. Hal ini terbukti dengan adanya tuntutan salat wajib lima waktu yang harus dilakukan secara tepat waktu.

Akan tetapi, terkadang rasa malas kerap kali melanda. Kita sering kali lupa atas kewajiban kita. Hal ini mungkin karena kita tidak merasakan akibat dari meninggalkan salat. Beberapa kali, sering juga kita tetap tidak peduli meskipun adzan masjid sudah berkumandang.

Kita tidak lekas salat meskipun sudah tiba waktunya. Untuk menjalankan tanggung jawab untuk Allah saja kita lalai, bagaimana dengan pekerjaan kita? Simak cara menghilangkan rasa malas menurut sudut pandang Islam berikut ini.

“Jika Anda berada pada sore hari, jangan menunggu pagi hari. Lalu, jika Anda berada pada pagi hari, jangan menunggu sore hari. Gunakanlah waktu sehat Anda untuk persiapan masa sakit Anda, kehidupan, dan untuk kematianmu” (H.R Imam Bukhari).

Dari hadist shahih di atas, Anda diajarkan untuk menghargai waktu dan memanfaatkannya untuk menjalankan apa yang harus dikerjakan. Tidak ada yang tahu berapa waktu yang tersisa untuk seseorang.

Jadi, manfaatkanlah waktu ini sebaik mungkin. Ini adalah cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja yang terbaik. Islam juga mengajarkan untuk selalu berusaha dan berdua demi mewujudkan apa yang dicita-citakan.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa malas yang kerap menerjang diri Anda. Sebenarnya, yang bisa mengatasi rasa malas Anda adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk berusaha dan berdoa. Semoga beberapa cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *