fbpx
Turn over karyawan tinggi pasca lebaran? Begini cara menyiasatinya.

Turn over karyawan tinggi pasca lebaran? Begini cara menyiasatinya.

cara menyiasati turn over karyawan – Sekitar 1 minggu lagi bulan suci ramadhan akan berakhir dan disaat itu juga hari raya Idul Fitri akan datang atau yang biasa disebut lebaran.

Nah pada moment pasca lebaran ini terdapat tradisi di perusahaan yakni peningkatan turn over karyawan, dimana biasanya banyak karyawan yang resign atau baru saja bergabung ke dalam perusahaan.

Yang perlu diperhatikan saat turn over ini mengalami peningkatan adalah bagaimana posisi yang kosong harus bisa cepat terisi dan yang baru saja yang bergabung harus bisa secepat mungkin untuk beradaptasi terhadap lingkungan kerja yang baru.

Budaya perputaran ini sudah menjadi fenomena tahunan, sebagai HRD kita harus pintar-pintar menyiasati turn over karyawan ini, jika tidak work flow di dalam perusahaan bisa mengalami kendala atau terhambat.

Lalu bagaimana cara menyiasati turn over karyawan yang tinggi pasca lebaran? Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda coba lakukan sebagai seorang HRD.

Cara menyiasati turn over karyawan pasca lebaran

Salah satu cara yang paling mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi fenomena turn over karyawan ini adalah dengan menaikan status karyawan kontrak atau percobaan menjadi karyawan tetap atau non-manajemen dan memberikan fasilitas dan hak yang sebagaimana mestinya diterima.

Dengan cara ini perusahaan telah mencegah peluang relawan PHK atau karyawan yang resign menjadi rendah, karyawan yang mau/akan resign akan merasa rugi jika mereka pindah karena sudah mendapatkan status karyawan tetap yang memiliki fasilitas dan jaminan ketenagakerjaan dari kantor.

Namun cara menyiasati turn over karyawan ini juga bukan tanpa resiko bagi perusahaan, ada feedback yang agak kurang menyenangkan apabila cara ini dilakukan, yakni disaat permasalahaan keuangan perusahaan sedang memburuk, outcome untuk membayar upah kerja karyawan harus tetap dilakukan namun income untuk perusahaan tidak ada, hal ini bisa sangat berbahaya.

Disisi lain perusahaan juga tidak bisa bermain asal PHK, karena status karyawan yang sudah tetap da nada beberapa regulasi tentang ketenagakerjaan yang bisa memberikan sanksi kepada perusahaan apabila melakukan PHK secara sepihak.

Oleh karenanya penting bagi perusahaan untuk membaca kondisi perusahaan beberapa tahun kedepan atau dalam jangka yang panjang. Dan memastikan bahwa semua karyawan yang berada dibawah naungan mereka langsung sangat berkompeten untuk menjalankan bisnis perusahaan.

Cross training antar divisi

Mereka yang resign mungkin saja merasa jenuh dengan pekerjaannya, dan mencoba mencari suasana baru di perusahaan baru, jangan biarkan hal tersebut terjadi. Cara menyiasati turn over karyawan berikut ini adalah dengan memberikan pelatihan antari divisi, karyawan-karyawan diberikan tugas dan pengalaman baru.

Hal ini bisa sangat efisien, pekerjaan atau pengalaman yang diberikan kepada karyawan bisa menjadi penyegaran atas segala kejenuhan mereka selama ini. Mereka yang jenuh bisa melampiaskan kebosanan rutinitasnya dengan mengerjakan hal yang baru.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan karyawan, cross training antar divisi ini juga bisa menggali potensi karyawan.

Berikan karyawan jenjang karir yang baik dan menjanjikan

Memiliki Karir yang baik adalah hal yang diinginkan oleh semua karyawan, membuka jalan karir dan menyediakan posisi di level atas akan menjadikan karyawan termotivasi. Persaingan yang muncul bisa berdampak baik untuk perusahaan, mereka yang ingin berada di puncak akan bekerja sekeras mungkin.

Tidak hanya path carreer, upah kerja, tunjangan dan fasilitas yang menggiurkan juga bisa membuat karyawan semakin bersemangat. Tawarkan sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh perusahaan lain, hal ini bisa menurunkan turn over karyawan, terlebih pasca lebaran.

Dan demikian adalah cara menyiasati turn over karyawan yang tinggi pasca hari raya, memberikan jaminan, upah kerja yang cukup dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bisa menurunkan angka turn over karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *