fbpx
Tips cari kerja di Job Fair agar sukses

Tips cari kerja di Job Fair agar sukses

Cari kerja di job fair atau pameran lowongan pekerja merupakan cara yang paling mudah dan hemat. Bagi para pencari kerja mereka dapat menemukan ratusan bahkan ribuan lowongan pekerjaan dari segala formasi dan industri bisnis, dalam satu tempat.

Tentunya pelamar bisa mendapatkan banyak pilihan, bahkan tidak jarang langsung dilaksanakan interview di tempat. Bagi perusahaan juga sangat menguntungkan karena mereka akan kedatangan banyak professional secara langsung, tanpa harus menunggu atau memasang iklan di portal-portal kerja di internet.

Dan karena Job Fair merupakan sarana bagi para pencari kerja maka kami akan memberikan kiat-kiat khusus cari kerja di Job Fair, agar bisa memperbesar peluang keberhasilan. Berikut ini adalah tips cari kerja di job fair.

Tips sukses cari kerja di Job Fair

blank

1 ) Bikin daftar perusahaan yang Anda minati

Pihak Penyelanggara Job Fair biasanya akan mengumumkan nama-nama perusahaan yang akan ada pada event tersebut, baik dari sosial media, website email atau media online.

Ketika Anda sudah mendapatkan info tersebut, buatlah daftar nama perusahaan beserta lowongan pekerjaan yang mereka sediakan. Tentunya klasifikasi daftar tersebut Anda sesuaikan berdasarkan pendidikan, pengalaman, job desk, salary, dan lainnya.

Dengan begini Anda sudah satu step lebih maju dari pada kandidat lainnya, Anda sudah siap karena telah mempelajari kualifikasi yang perusahaan butuhkan berdasarkan pendidikan, pengalaman, job desk dan jabatan.

2 ) Buatlah resume/CV yang menarik, dan penuh informasi

Siapkan segala yang dibutuhkan dalam paket amplop lamaran, buat CV semenarik dan sekreatif mungkin tetapi juga jangan berlebihan agar tetap bisa di baca. Letakan seluruh pengalaman juga riwayat pendidikan selengkap-lengkapnya.

Sertakan portofolio jika memang ada, ini sebagai bukti bahwa klaim Anda sebagai kandidat berpengalaman adalah benar, dan terbukti telah berpengalaman mengerjakan projek. Portofolio saat ini merupakan pertimbangan utama bagi perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Note print resume atau paket amplop lamaran lebih dari daftar perusahaan yang Anda buat

3 ) Survei ke Lokasi Pada H-1 Jika Ada waktu

Jika ada memiliki waktu luang, gunakanlah untuk survey lokasi job fair, perhatikan lay out tempatnya, cari tahu dimana Anda bisa parkirkan kendaraan jika membawa kendaraan sendiri, hafalkan jalan alternative agar bisa sampai di lokasi lebih cepat.

Dan yang tidak kalah penting adalah mencari tahu boot-boot perusahaan yang ada di daftar Anda, agar anda bisa lebih cepat sampai sana untuk meletakkan lamaran atau bahkan interview langsung.

4 ) Prepare untuk interview di lokasi

Persiapkan segalanya, termasuk mental Anda untuk interview dadakan. Tidak hanya memperkuat mental, Anda juga harus mempersiapkan pakaian yang bagus, bersih, dan sopan agar bisa menarik perhatian HRD atau perwakilan perusahaan saat sesi interview kerja.

Cari kerja di Job Fair harus mempersiapkan untuk segala kemungkinan, termasuk untuk interview. Jadi mulailah berlatih dan bersiap menjawab pertanyaan-pertanyaan si pewawancara.

Tidak hanya mempersiapkan jawaban, Anda juga perlu mempersiapkan daftar pertanyaan untuk perusahaan, karena hampir setiap wawancara kerja, interviewer mempersilahkan pada pelamar untuk bertanya tentang perusahaan. Jika Anda bingung apa yang harus di tanyakan, mulailah dengan ini :

  • Budaya kerja karyawan
  • Pelatihan khusus untuk karyawan
  • Fasilitas perusahaan untuk karyawan
  • Kesulitan atau kendala yang biasa dialami oleh karyawan lain di posisi tersebut
  • Status kapegawaian, kontrak, tetap, atau PKWT
  • Gaji, tunjangan, asuransi kesehatan, keanggotaan BPJS, uang lembur dan insentif

Berapa batas waktu maksimal perjanjian kontrak kerja (PKWT)

5 ) Dapatkan koneksi dan relasi di Job Fair

4 tips cari kerja di jobfair diatas tidak menjamin Anda akan sukses dan diterima, namun hal-hal tersebut bisa memperbesar potensi kesuksesan Anda.

Tapi ada yang lebih penting yang harus Anda lakukan ketimbang hanya menaruh lamaran, dan interview kerja yakni mencari kenalan, relasi, dan koneksi di event tersebut. Baik itu dari sesame pelamar, atau cobalah meminta kontak orang perusahaan saat proses job fair berlangsung.

Mungkin Anda tidak sukses pada event tersebut, namun bisa saja kesempatan dan peluang yang lebih besar menunggu Anda di luar sana, yang berasal dari koneksi yang Anda dapatkan di event Job fair. Jadi tidak ada yang sia-sia bahkan dari kegagalan sekalipun, jadikan pengalaman untuk bersinar di masa mendatang.

Selamat mencoba, dan semoga sukses…

Ini benefit yang didapat PNS yang buat orang berbondong-bondong melamar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *