fbpx
The Power of CV Sederhana Yang Buat Rekruter Lebih Menyukainya

The Power of CV Sederhana Yang Buat Rekruter Lebih Menyukainya

“Tujuan dari CV Kerja adalah menyampaikan informasi tertulis seperti pengalaman dan pendidikan serta data diri kepada calon pemberi kerja, sebagai bahan pertimbangan untuk merekrut pelamar”

Tips buat CV – Banyak dari para pencari kerja menganggap desain CV haruslah menarik, atraktif, memiliki banyak warna, unik dan lain-lain. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan desain CV seperti itu, hanya saja yang perlu diperhatikan bahwasannya CV harus tetap objektif dan mudah dibaca oleh siapapun.

Penting bagi seorang pelamar untuk segala informasi yang ada didalam riwayat hidup, seperti pengalaman kerja serta pendidikan bisa terbaca, agar interviewer benar-benar mendapatkan gambaran yang jelas tentang pelamar.

Agar mudah dibaca CV sebaiknya dibuat sesederhana mungkin, Anda bisa mengurangi ornamen-ornamen kurang penting atau warna yang justru mengurangi visibilitas pembaca. Namun walau sederhana bukan berarti CV tidak dibuat secara profesional, selembar kertas CV merupakan tiket masuk pelamar ke dalam sebuah perusahaan, oleh karenanya konten di CV harus dibuat se-proper mungkin.

Salah satu tips buat CV sederhana tapi tetap menarik perhatian interviewer atau rekruter adalah membuat konten informasi lebih mendominasi dalam selembar CV, serta menggunakan warna latar yang lebih flat dan warna font yang tegas. Dan berilkut ini adalah tips buat CV sederhana yang bisa Anda praktikan.

Tips Buat CV Simpel Yang Menarik Perhatian Rekruter

1 ) Font

Sudah kita singgung sebelumnya bahwasannya jenis, warna, dan ukuran font merupakan hal yang sering tidak diperhatikan namun sebenarnya sangat penting.

Penggunaan font yang tepat akan membuat rekruter melirik ke arah sana, jadi gunakanlah warna dan jenis font yang tegas namun terlihat tetap elegan. Kemudian ukuran font jangan terlalu kecil, karena setiap mata orang berbeda-beda jadi pastikan ukuran font terbaca oleh siapapun.

2 ) Pembatas (seperator)

Garis pembatas antara satu konten dengan konten lainnya harus terlihat. Jika Anda baru pertama kali membuat CV, maka didalam CV ada yang namanya segmen yang biasanya terdiri dari biodata pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, jenjang karir, portofolio, sampai prestasi yang pernah diraih.

Baca juga : (TOP SECRET) Kriteria karyawan yang dicari oleh perusahaan bonafit

Nah dari segmen-segmen tersebut harus dibuat pembatas, agar setiap konten dalam segmen bisa terbaca dan juga terlihat lebih rapih.

3 ) Selembar cukup

Maksimalkan ruang dari selembar halaman yang Anda miliki untuk membuat CV, dan apabila terlalu banyak informasi yang disertakan usahakan tidak lebih dari 2 halaman. Namun satu halaman cukup dan lebih efisien.

4 ) Layout simpel

Tips buat CV yang terakhir adalah dengan menggunakan layout yang sederhana, agar tidak terlihat berantakan dan mudah dipahami. Gunakan atau buat layout yang cocok dengan alur riwayat hidup Anda, mengurut dan saling terhubung satu sama lain.

Layout yang sederhana tidak harus statis atau berbentuk tabel saja, tetapi juga bisa menggunakan desain yang lebih dinamis, yang terpenting adalah mudah dibaca untuk semua orang, tidak terlihat berantakan agar enak dibaca, kemudian kurangi ornamen pendukung ahar tidak terlihat mendominasi daripada info pada CV.

Demikian adalah tips buat CV untuk Anda yang masih mencari kerja, atau hanya sekedar mempeharui CV lama. Sekali lagi yang perlu diingat inti dari CV adalah informasi yang terletak didalamnya, desain dan warna merupakan aspek pendukung estetika saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *