fbpx
Mau Buat StartUp Tapi Belum Punya Dana? 7 Tips menggaet Investor Ini Bisa Membantu Kamu

Mau Buat StartUp Tapi Belum Punya Dana? 7 Tips menggaet Investor Ini Bisa Membantu Kamu

Tips menggaet investor – Apakah kamu seorang yang berjiwa entrepeneur dan ingin memiliki perusahaan sendiri? Atau sudah berencana membangun StartUp tapi terkendala dengan pendanaan, hemmm… kayanya hampir semua masalah di StartUp adalah pendanaan dan juga kesulitan mengajak investor untuk berinvestasi ya..

Tapi sebenarnya ada kiat-kiat khusus untuk bisa menggaet investor, hal ini disampaikan Melisa Irene yang merupakan Partner dari East Ventures, yang sudah banyak menanamkan modal ke perusahaan-perusahaan startUp, dan inilah tips-tips yang ia sampaikan kepada IDNtimes, berikut adalah ulasannya.

7 Tips Menggaet Investor Untuk StartUp

1 ) Investor butuh tahu seberapa besar passion kamu terhadap bidang tersebut

Seorang investor harus mengetahui seberapa besar passion kamu terhadap bidang yang kamu jalankan, hal ini termasuk berapa lama pengalaman kamu di bidang ini, dan seberapa besar kamu tahu seluk beluknya. Dalam prakteknya seorang investor akan pertama menilai sebuah konsekuensi dari hal ini, jadi buktikan kecintaan kamu terhadap sesuatu yang kamu jalankan yaa…

2 ) Seberapa besar potensi dan peluang dalam bisnis yang kamu jalankan

Sebagai seorang investor pastinya mereka berpikir secara objektif, walaupun bisnis yang kamu tawarkan menarik namun jika tidak memiliki potensi untuk lebih besar kedepannya, maka investor pun akan enggan mengucurkan dana.

Untuk bisa meyakinkan investor kamu perlu mencari bisnis yang memiliki prospek yang baik ke depannya, dan jangan lupa sertakan planning kamu untuk membuat startup ini lebih besar sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

3 ) Mintalah pendapat kepada orang banyak, terutama yang sudah ahli

Mungkin menurutmu ide bisnis-mu sudah cukup baik, tapi mintalah pendapat kepada orang lain yang pernah menjalankannya atau yang sudah cukup ahli dalam bidang yang sama, tsehingga kamu bisa mendapakan insight yang baru tentang bisnis yang kamu jalankan. Saat ini kita hidup di zaman yang serba mudah memvalidasi apapun dengan berbagai macam cara, jadi lebih mudah mencari tahu apa yang harus kita lakukan untuk membuat sesuatu.

4 ) Kamu harus punya integritas untuk bisa dipercaya orang

Integritas juga menjadi hal yang paling penting yang harus kamu miliki, seberapa bisa kamu dipercaya oleh orang lain, khususnya bagi klien atau konsumen kamu nanti, seberapa konsisten kamu dalam menjalankan suatu hal.

Baca : Definisi startup dan jenis-jenis perusahaannya

“Kalau secara karakter, yang paling penting adalah integrity,”. Kata Melisa Irene, Misalnya saja, kamu menjanjikan si A pada customer kamu. Apakah benar nanti kamu benar-benar memberikan A? “Kalau kasih B, dia gak ada integritas. Kita susah percaya sama dia,” ungkapnya dengan sumringah.

5 ) Self awareness atau mawas diri

Self awareness atau mawas diri menjadi penting bagi kamu jika ingin mengajukan pendanaan kepada seorang investor, dari sini kamu harus tau apa yang menjadi kekuatan kamu, karakter, serta kekurangan yang kamu miliki.

6 ) Karakteristik yang humble

Walaupun kamu adalah founder dari seorang perusahaan StartUp tapi sifat humble atau rendah diri ke semua orang ternyata juga menjadi penilaian loh buat investor menurut Melisa Irene. Katanya “Optimis boleh tapi harus tetap humble” yang dimaksud adalah mau mendengarkan saran dari orang lain.

7 ) Berpikir global bertindak lokal

Untuk bisa mendapatkan ide-ide baru dan perkembangan bisnis, kamu harus rajin riset dan update soal info terkini, dengan begini kamu akan memiliki pemikiran yang universal serta selalu memiliki data terbaru, hal ini lah yang juga disenangi oleh para investor yang mau mengucurkan dana ke perusahaan startup kamu.

Kamu Sedang Mendirikan Startup? Ini Tips Jitu Supaya Dilirik InvestorPexels/Daria Shevtsova
“Dia tahu bisnis mana yang bisa jalan. Tapi pada saat yang sama, dia juga tahu pasar mana yang bisa jalan di Indonesia,” Jelas Irene.

Demikian adalah 7 tips menggaet investor untuk mengucurkan dana ke perusahaan start-up kamu, semoga bermanfaat

Source : Kamu Sedang Mendirikan Startup? Ini Tips Jitu Supaya Dilirik Investor

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *