Ini Halaman Website Pertama di Dunia yang Sudah Berumur 25 Tahun, Apa...

Ini Halaman Website Pertama di Dunia yang Sudah Berumur 25 Tahun, Apa Isinya?

985
0
BERBAGI

Saat ini jumlah website yang ada sudah jutaan bahkan lebih dari miliaran website yang tersebar di seluruh dunia. Sebelum menjamurnya kemunculan website-website yang populer seperti sekarang ini, pastilah ada website pertama di dunia sebagai pelopor situs online. Anda pasti penasaran bukan mengenai website tersebut.

Apa nama websitenya, siapa pembuatnya, seperti apa tampilannya, serta apa saja isi website pertama tersebut akan diulas lebih lanjut dalam sesi ini. Mengetahui sejarah website pertama yang ada di dunia akan menambah wawasan Anda, apalagi wesbite tersebut merupakan tonggak bersejarah di dunia internet.

Website Pertama di Dunia: Mengetahui Situs Pertama Beserta Tampilan, Isi, dan Pembuatnya

1 ) Apa nama situsnya?

 

Website pertama di dunia dipublikasikan oleh Tim Berners-Lee tepatnya pada tahun 1991 tanggal 6 Agustus. Situsnya sendiri berjudul CERN. CERN juga sempat dihapus pada masa itu oleh lembaga tertentu. Sekarang ia sudah kembali muncul mengusung tampilan klasik sebagaimana ia muncul pertama kali. Situs ini juga tak mempunyai salinan data yang asli. Versi terbarunya sekarang memiliki empat daftar menu berisi informasi situs pertama yang ada di dunia. Ada pula beberapa tampilan dengan mode simulator berisi mengusung desain minimalis.

2 ) Siapa pembuatnya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa yang mempublikasikan website pertama di dunia tersebut adalah Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ilmuwan komputer yang lahir di Inggris dan bekerja untuk CERN di Swiss.

Ilmuwan tersebut adalah penemu dari www atau world wide web sekaligus ketua www consortium yang berwenang mengatur perkembangannya. Setelah bekerja di CERN selama beberapa tahun, ia meninggalkan perusahaan tersebut dan kembali menjadi rekan peneliti. Pada akhirnya Tim menggunakan idenya untuk menciptakan world wide web serta server web yang pertama bernama httpd.

3 ) Bagaimana tampilan website tersebut?

Tampilan website pertama di dunia tersebut sangat sederhana. Tampilan perdana website ini tidak langsung mendapatkan pengunjung. Pada 23 Agustus tahun 1991 barulah ia mendapat kunjungan untuk pertama kalinya. Ini dikarenakan belum tersedianya browser pada masa itu untuk dipakai secara umum. Web browser pertama yang dibutuhkan dalam mengakses sebuah web juga dibuat oleh Tim.

Tampilan grafisnya juga bagus. Tak hanya itu, pengguna bisa mengubah ukuran maupun jenis font, menampilkan gambar, mengunduh gambar, menampilkan suara, dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan tampilan website di masa sekarang, tentulah jauh berbeda sekali tampilan website pertama itu. Ia mempunyai tampilan yang sangat sederhana tanpa banyak menggunakan terlau banyak warna dan desain.

4 ) Apa saja isinya?

Di dalamnya masih berisi teks-teks yang menjelaskan bagaimana caranya membuat hyperlink. Website ini juga menyediakan contoh prototipe www atau world wide web yang dipakai pada awalan situs jaringan global. Website CERN juga menyajikan halaman yang menjelaskan tentang proyek world wide web. Cara untuk mengatur web server bagi para pengguna juga diberikan di website tersebut.

Selain itu, cara membuat halaman web dan website serta cara mencari sesuatu di website untuk memperoleh informasi juga tercantum pada website tersebut. Sementara itu, untuk versi terbarunya yang muncul kembali, website ini memiliki konten dengan jumlah tidak sedikit yang bisa Anda lihat untuk mempelajari perkembangannya. Ada pula beberapa hyperlink yang tersedia untuk mengarahkan pengunjung menuju dokumen-dokumen yang lain.

Itulah situs CERN sebagai website pertama di dunia yang telah dipublikasikan oleh Tim. Website tersebut menjadi pelopor website yang ada di masa kini. Tanpa disangka-sangka ternyata situs tersebut menjadi cikal bakal internet modern.

LEAVE A REPLY