Gaji pokok=UMK (upah minimum kabupaten/kota) ? Ini penjelasannya

Gaji pokok=UMK (upah minimum kabupaten/kota) ? Ini penjelasannya

313
0
BERBAGI

Gaji pokok adalah – Mungkin sebagian dari kita banyak yang bertanya dan mempersoalkan gaji pokok sama dengan UMK dan lainnya.

Pertama-tama kita akan membahas apa terlebih dahulu apa itu UMK? dan bagaimana standar pengupahan tersebut bisa diputuskan.

UMK atau upah minumum kota/kabupaten adalah turunan dari upah terendah dalam suatu wilayah provinsi atau yang kita kenal istilahnya UMP (upah minimum provinsi)

Dan menurut peraturan pemerintah bahwa upah minimun kota/kabupaten haruslah lebih tinggi daripada UMP yang sebelumnya ditetapkan oleh gubernur.

unduh :  Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 7 Tahun 2013 tentang Upah Minimum

Penetapan Upah Minimum didasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Komponen Kebutuhan hidup layak digunakan sebagai dasar penentuan Upah Minimum, dimana dihitung berdasarkan kebutuhan hidup pekerja dalam memenuhi kebutuhan mendasar yang meliputi kebutuhan akan pangan 2100kkal perhari, perumahan, pakaian, pendidikan dan sebagainya.

Gaji pokok adalah komponen dasar penghasilan seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menghitung komponen lainnya,  atau kata lainnya adalah upah dasar yang belum ditambah dengan tunjangan lainnya.

Gaji pokok karyawan juga sebagai landasan  untuk menghitung komponen gaji lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan perumahan, dan insentif.

Lalu apakah Gaji pokok samadengan UMK?

Kembali ke persoalan apakah UMK itu gaji pokok? atau upah satu bulan penuh termasuk tunjangan adalah UMK? Untuk menjawab persoalan ini kita harus merujuk kepada Peraturan Menakertrans Nomor 7/ 2013.

Dalam peraturan tersebut disampaikan bahwa : 

Upah Minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.

Upah Minimum Provinsi (UMP) adalah Upah Minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di satu provinsi.

Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) adalah Upah Minimum yang berlaku di wilayah kabupaten/kota.

Merujuk pada definisi di atas yang menurut eraturan Menakertrans Nomor 7/ 2013, bahwa UMK merupakan upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk disuatu wilayah kota atau kabupaten.

Atau UMK juga bisa terdiri dari komponen gaji tetap(pokok), tunjangan tetap seperti transportasi, makan dan lainnya disuatu wilayah kota/kabupaten.

Kesimpulannya juga bisa kita tarik bahwa UMK adalah upah terendah yang diterima oleh karyawan/buruh dalam masa kerja periode 1 bulan, yang tentunya standar upah minimum juga merupakan keputusan dari pemprov yang ditandatangani oleh gubernur.

Baca juga : Indonesia salah satu negara asia dengan hari libur terbanyak

Persoalan UMK termasuk dengan tunjangan atau tidak merupakan kebijakan dari pemilik perusahaan, dan skema penghitungan upah berdasarkan UMK dengan memasukan komponen tunjangan atau tidak, tidaklah menyalahi peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Demikian adalah ulasan seputar gaji pokok dan UMK, semoga artikel bisa menjawab persoalan sama atau tidaknya UMK dengan gaji poko karyawan.

LEAVE A REPLY