Definisi startup dan jenis-jenis perusahaannya

Definisi startup dan jenis-jenis perusahaannya

Dalam definisi startup mungkin masih banyak orang yang tidak mengerti istilah ini. Startup kata itu sendiri merupakan adopsi dari bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai organisasi baru atau perusahaan.
Menurut Wikipedia, startup adalah di peruntukan pada usaha yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar perusahaan yang baru dibuat dan dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Startup di atas pemahaman dapat dalam terminologi mereka, tapi kita pikir itu akan lebih mudah jika istilah mulai diartikan sebagai sebuah perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai mengembangkan 90-an sampai tahun 2000, pada kenyataannya, mulai istilah banyak “dikawinkan” dengan semua berbau teknologi, web, internet dan bidang terkait.

Sejarah Bisnis StartUp

Kembali kita tarik ke belakang, startup adalah penggunaan jangka panjang mulai pada hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, website, dan lain-lain, diadakan karena istilah itu sendiri mulai populer saat startup bubble dot-com.

Lantas, apa itu bubble dot-com? Fenomena dotcom selama periode (1998-2000) banyak perusahaan dotcom didirikan secara bersamaan. Pada saat itu, perusahaan telah secara ekstensif membuka situs pribadinya.

StartUp Perkembangan Bisnis di Indonesia

Perkembangan startup di Indonesia dimulai sangat cepat. Setiap tahun, setiap bulan, bahkan banyak dari pendiri (founder) Startup muncul. Menurut dailysocial hari ini setidaknya ada lebih dari 1500 startup lokal di Indonesia. Potensi pengguna internet di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun tentu awal yang mudah untuk membangun suatu bisnis di internet.

“Apa itu Startup Decacorn? Dan Apa Saja Klasifikasinya”

Berdasarkan penelitian pada 2013, diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa banyak pengguna internet di Indonesia beberapa tahun kedepan lagi. Selain peningkatan daya beli akibat kenaikan pendapatan kapita berpengaruh terhadap masyarakat atas perkembangan industri digital.

Untuk menghindari kebingungan, mari kita cari tahu jenis Startup yang muncul di Indonesia. Berikut adalah beberapa dari mereka:

Startup di Bidang Games

Jenis startup yang sekarang dicintai di Indonesia adalah startup di bidang game (permainan). Untuk milenial, bermain game pada smartphone Android ataupun iOS sudah menjadi kebiasaan untuk menghabiskan waktu luang. Hal ini juga didukung oleh banyaknya pilihan game yang dapat Anda download ke smartphone.

Bagi Anda yang memulai sebuah perusahaan startup di lapangan, semacam ini mulai Anda dapat memilih. Jenis permainan startup dapat membawa manfaat yang besar, terutama jika dikemas dengan baik untuk menarik perhatian tidak hanya generasi milenial, tetapi juga anak-anak.

Startup di bidang properti

Tipe lain dari Startup sekarang sedang digandrungi di Indonesia adalah start-up di bidang properti. Jika Anda mengetahui Rumah123.com atau Rumah.com, itu adalah bentuk gerakan start-up di properti yang telah dilakukan oleh segelintir orang di Indonesia.

Namun, untuk meluncurkan jenis Startup seperti ini, ada beberapa kendala yang harus dilalui oleh seseorang. Dimulai pada properti harus memberikan informasi kepada pelanggan tentang pemecahan masalah atau bagaimana menemukan solusi perumahan yang terkait. Selain itu, pelanggan juga harus mencari pinjaman kredit rumah atau apartemen yang bisa menjadi solusi untuk mereka.

Startup di sektor komersial

Anda tahu aplikasi e-commerce yang sering di gunakan untuk belanja online? Nah, ada banyak aplikasi e-commerce dengan harga murah. e-Commerce adalah jenis startup di bidang perdagangan, hal itu tercermin pada hari ini ketika produk-produk mulai diperdagangkan ke platform online, seperti bukalapak, tokopedia, dan shopee.

Keuntungan dari belanja dengan jenis Startup adalah harga yang terbilang murah. Selain energi tidak terbuang, harga aplikasi e-commerce biasanya lebih murah. Anda tidak perlu membuang-buang energi dengan pergi ke mal. Dengan hanya membuka smartphone, Anda bisa mendapatkan item yang dicari.

Startup di Bidang Asuransi

Jenis startup ini juga bidang asuransi jiwa yang dimaksudkan. Salah satunya, jenis startup pekerjaan di bidang asuransi. Berbeda dengan platform asuransi ketika seseorang harus membayar biaya per bulan untuk mencapai manfaat asuransi di masa depan, jenis asuransi ini mulai menyediakan layanan lainnya.

Dengan membuka aplikasi mulai dari asuransi, seseorang mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat dan dokter berkualitas serta handal dan pelayanan kesehatan lainnya, yang bermanfaat. Jenis startup asuransi juga bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menentukan apa jenis asuransi yang tepat bagi Anda.

Startup di bidang sekuritas

Anda tahu situs Bareksa.com? Situs ini adalah jenis yang sekarang sedang digandrungi di Indonesia, yaitu bidang sekuritas. Jenis startup ini memungkinkan seseorang untuk berinvestasi secara online. Tidak hanya itu, jenis startup ini memiliki kegunaan lain yang dapat Anda gunakan.

Selain investasi online, commissioning di bidang sekuritas juga memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual reksadana secara online. Startup juga menyediakan layanan data, informasi, alat investasi reksadana, saham, obligasi, dan hal yang berhubungan dengan sekuritas.

Bahkan, ada banyak jenis lain dari startup yang mulai muncul di Indonesia, sebagai startup di bidang media dan juga di bidang transportasi. Pada dasarnya, setiap startup yang hadir hari ini, didasarkan pada teknologi yang sesuai dengan kemajuan zaman.

Bagi Anda yang masih muda dan mencari pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja di sebuah start-up. Dengan begitu banyak jenis startup yang berasal di Indonesia saat ini, lebih banyak pilihan di mana Anda bekerja. Selain itu, banyak anak muda mulai bekerja di startup.

Contoh Startup Lokal Populer

Contoh lain dari startup lokal yang sekarang dikelola berhasil dan sangat populer di antaranya adalah

Bukalapak

Bukalapak sekarang menjadi salah satu situs perdagangan terbesar di Indonesia, yang didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari Jawa Timur.

Salah satu layanan yang banyak di sukai adalah sistem pembayaran yang aman dalam transaksi, di mana pembayaran pembeli tidak di terima penjual langsung, tetapi ditahan oleh pihak Bukalapak sampai penerimaan barang oleh pembeli, setelahnya penjual bisa melakukan pencairan.

Gojek

Tidak diragukan lagi, Anda pasti tahu Gojek. Go-Jek adalah salah satu Startup dari Indonesia yang paling cepat berkembang dan paling populer. Wilayah utamanya aktivitas bergerak dalam bidang transportasi dan jasa kurir.

Tiket.com

Seperti namanya Tiket.com adalah start-up yang menyediakan jasa pengadaan pemesanan tiket online dengan mudah. Didirikan pada tahun 2011 sekarang tiket.com mulai merencanakan untuk memperluas bisnis ke luar Indonesia. seperti Hong Kong, Australia, Cina dan wilayah Malaysia akan ditargetkan, untuk memperluas jangkauan pemasaran.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *