Cara Daftar Kepersertaan BPJS Via Online

Cara Daftar Kepersertaan BPJS Via Online

Daftar BPJS online – Sebagaimana diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2013, seluruh rakyat Indonesia yang berpartisipasi BPJS. Harus terdaftar sebagai peserta BPJS. Selain itu, pemerintah tujuan yang ditetapkan mengenai warga negara Indonesia harus terdaftar di BPJS seluruhnya di tahun 2019.

Bagi Anda yang belum mendaftar BPJS, saatnya untuk mendaftar sebelum terlambat. Pendaftaran BPJS sangat mudah dan dapat segera dilakukan. Ada beberapa pilihan tentang cara mendaftar BPJS. Anda dapat memilih yang paling nyaman dan dekat dengan diri sendiri dan keluarga.

Cara utama adalah untuk datang dan mendaftar di kantor cabang / kabupaten atau layanan penyelenggara BPJS.

Bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk datang, Anda dapat mendaftar melalui aplikasi. Anda juga dapat mendaftar dengan pihak ketiga, seperti kabupaten atau instansi pemerintah lainnya, bank, atau mitra resmi.

Di antara banyak cara pendaftaran BPJS. Cara paling mudah dan nyaman yaitu mendaftar secara online di situs BPJS.

Daftar iuran BPJS kesehatan terbaru 2020

Cara daftar BPJS online

Cara yang paling nyaman untuk mendaftar sebagai peserta BPJS melalui jalur online. Daftar BPJS tersedia secara online di website resmi BPJS, aplikasi ponsel JKN, atau pada beberapa situs penyedia lainnya.

Langkah mendaftar BPJS di situs resmi sebagai berikut:

· Kunjungi situs BPJS.

· Pada halaman pertama website ini, Anda akan menemukan beberapa pernyataan penting dan syarat dan ketentuan pendaftaran. Membaca pernyataan dengan hati-hati, dan centang kotak yang mengatakan Anda setuju dengan kondisi. Klik “Simpan” untuk mengakses proses entri data.

· Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi data masukan individu (PID). Data utama yang di isi adalah jenis keanggotaan (bekerja atau wiraswasta) dan jumlah KartuKeluarga (KK).

· Setelah mengisi nomor kartu keluarga, layar secara otomatis menampilkan data semua anggota keluarga dalam rumah tangga secara langsung dan pilih peserta.

· Kemudian Anda akan diminta untuk melengkapi data kontak seperti nomor telepon, NPWP dan tempat tinggal asal. Centang kotak untuk menunjukkan apakah alamat yang digunakan sesuai dengan ID alamat.

· Upload foto diri kemudian lanjutkan dengan mengisi data seperti daftar peserta, rekening bank yang diselenggarakan serta nama pemilik, alamat email dan nomor telepon. Setelah proses ini selesai, Anda akan menerima email konfirmasi.

Dalam e-mail konfirmasi, aktivasi dan jumlah VA (virtual account) Anda. Gunakan nomor VA untuk melakukan pembayaran iuran awal Anda. Setelah pembayaran penuh, Anda akan menerima ID (e-ID) yang Anda dapat men-download.

Syarat Daftar BPJS online

Sebelum menjadi peserta BPJS, ada syarat dan kondisi penting yang harus diketahui calon yang ingin mendaftar. Syarat dan kondisi utama, seperti dilansir BPJS situs resmi sebagai berikut:

· Contoh Pengguna BPJS Kesehatan harus melengkapi formulir untuk memberikan data yang benar dan bertanggung jawab.

· Pengguna layanan pendaftaran BPJS Kesehatan harus mendaftar dan anggota keluarga mereka berpartisipasi dalam program BPJS.

· Peserta yang telah terdaftar sebagai anggota BPJS yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran reguler pada atau sebelum tanggal 10 setiap bulan.

· Jika ada perubahan dalam data peserta negara dan keluarga mereka, para peserta BPJS memberikan info tentang perubahan. Transformasi data, seperti mengubah pilihan fasilitas kesehatan, keluarga / jumlah peserta, dan penambahan anggota keluarga.

· Peserta diwajibkan untuk menjamin identitas anggota (kartu BPJS kesehatan dan e-ID) kerusakan terjaga, kehilangan atau penyalahgunaan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

· Peserta BPJS Kesehatan menyatakan kesediaannya untuk laporan kepada BPJS untuk kerugian dan kerusakan identitas peserta yang dikeluarkan oleh BPJS.

· Para peserta sepakat kontribusi karyawan awal 14 hari lebih cepat dan paling lambat 30 hari setelah mendapatkan virtual account. Pembayaran akan dilakukan bagi peserta untuk memperoleh hak dan manfaat dari program jaminan kesehatan yang dipilih.

Tips Daftar BPJS online

Ketersediaan banyak cara untuk Daftar BPJS online mungkin membuat Anda bingung. Untuk pendaftaran berjalan baik, mungkin Anda dapat perlu beberapa tips penting:

· Jika Anda tidak terlalu akrab dengan menggunakan Internet, Anda harus melakukan pendaftaran di kantor cabang terdekat BPJS tinggal Anda.

· Pastikan Anda membawa semua file yang diperlukan untuk persyaratan pendaftaran. Menyiapkan setidaknya dua salinan dari setiap file. Dimasukkan ke dalam folder untuk akses mudah bila diperlukan. File ini terutama KK ID (keluarga), buku tabungan (BNI, BRI atau independen), surat nikah (jika sudah menikah), akte kelahiran (untuk anak-anak), NPWP, dan foto-foto warna ukuran 3×4.

· Saat ini, pendaftaran BPJS berlaku untuk keluarga, bukan hanya satu orang. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur file dari anggota keluarga.

· Jika Anda sudah familiar dengan menggunakan Internet, Anda harus segera mendaftar secara online di situs resmi kesehatan BPJS. Hal ini jauh lebih cepat, lebih mudah dan lebih efektif. Anda hanya mengunjungi cabang terdekat telah mencapai tahap di mana pencetakan kartu anggota.

· Apakah memeriksa data dengan hati-hati agar tidak repot-repot untuk membuat perbaikan pada saat kartu dikeluarkan.

· Ketika mendaftar online, menggunakan laptop (tidak ada ponsel). layar ponsel yang kecil akan membatasi Anda dan gerakan, sehingga rentan terhadap kesalahan data dan menu dalam satu kali klik.

· Melakukan registrasi awal bulan bahwa Anda membayar kontribusi premi jarak ke kontribusi masa depan tidak terlalu dekat. Pembayaran pada saat jatuh tempo dari kontribusi adalah 10 bulan.

· Cara khusus registrasi online (semua cabang), datang untuk mendaftar pada hari kerja 13:00-15:00. Pada saat itu, garis biasanya tidak terlalu ramai.

· Membawa pena hitam menandatangani di cabang dalam pendaftaran sehingga Anda dapat mengisi formulir segera tanpa harus menunggu dalam antrean untuk meminjam pena kantor.

Itulah beberapa cara Daftar BPJS online yang perlu Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *