fbpx
Cara Daftar Kartu Pra-kerja, dan Step By Step-nya

Cara Daftar Kartu Pra-kerja, dan Step By Step-nya

Cara Daftar Kartu Pra-kerja – Seperti yang diketahui bahwasannya kartu pra-kerja gelombang pertama telah dibuka sejak sabtu tanggal 11 april kemarin, hingga hari kamis pada tanggal 16 april 2020, tepatnya pukul 16.00 WIB. Manfaat dari kartu pra-kerja ini sendiri yaitu adalah memberikan insentif berupa uang tunai dan biaya pelatihan kepada penerima, dengan total Rp 3.550.000

Baca juga : Bantuan Dana 3,5 juta Dari Kartu Pra-Kerja, Begini Rincian Pengalokasianya

Untuk cara daftar kartu pra-kerja sendiri prosesnya cukup mudah, dan tidak ada syarat yang menyulitkan pendaftar. Untuk melakukan registrasi anda hanya perlu mengunjungi situsprakerja.go.id, dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan.

Namun sebelum itu ada klasifikasi penting yang perlu Anda ketahui yaitu syarat mendaftar yang bersangkutan haruslah WNI (warna negara Indonesia), usia minimal 18 tahun ke atas, tidak sedang menjalani masa pendidikan formal seperti kuliah. Dan bagi Anda yang baru saja terkena PHK (pemutusan hubungan kerja) selagi tidak sedang menjalani pendidikan formal juga dapat ikut mendaftar kartu pra-kerja

Baca juga : 8 sektor Industri / Bisnis Yang Rentan Adakan PHK massal Akibat Wabah Covid 19

Selanjutnya Anda bisa lanjut dengan mengunjungi situs prakerja.go.id dan jangan lupa untuk mempersiapkan KTP yang datanya akan dipakai untuk keperluan daftar kartu pra-kerja ini. Dan selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-langkah daftar kartu pra-kerja

Langkah pertama, daftarkan diri Anda terlebih dahulu untuk bisa memiliki akun, pilih > daftar sekarang. Untuk mendaftar mudah sekali, hanya perlu memasukan email kemudian buat password masuk untuk akun kartu-prakerja ini.

Setelah selesai, otomatis Anda akan mendapatkan pesan verifikasi di kotak masuk email yang Anda daftarkan. Silahkan lakukan veerifikasi, dan setelahnya kembali ke halaman prakerja.go.id

Langkah kedua, yaitu Anda melakukan verifikasi KTP (kartu tanda penduduk) dengan memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan juga tangga lahir. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengisi biodata diri di formulir yang telah disiapkan.

Pada langkah ini setelah melakukan pengisian data dengan lengkap dan benar, dan begitu juga dengan status pekerjaan Anda bisa masuk ke langkah selanjutnya.

Langkah ketiga, Cara daftar kartu pra-kerja selanjutnya adalah mengunggah file foto KTP dan juga foto selfie bersama KTP Anda. Format file foto yang di upload bisa berupa JPEG dan PNG. Dan usahakan file foto tidak lebih dari 2MB untuk memudahkan proses upload. Catatan penting, gunakan bingkai foto square atau kota dengan skala 1:1.

Walau demikian pada proses ini masih terkendala, karena tim PayrollBoz yang telah mencoba sendiri beberapa kali mengalami kegagalan, walaupun pada akhirnya berhasil di upload.

Langkah keempat, setelah melakukan hal di atas langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 18 soal. Penting bagi Anda untuk memiliki koneksi internet yang stabil.

Soal-soal tes yang tersedia di halaman ini terdiri matematika, pemahaman literasi/bacaan non-sastra dan juga pengurutan instruksi. Isilah dengan cermat yaa..

Setelah melalui 4 langkah di atas yang selanjutnya dilakukan adalah mengklik menu ‘gabung’ di halaman dashboard. Setelah itu Anda perlu menunggu untuk menantikan hasil evaluasi. Selalu cek notifikasi atau pemberitahuan di email Anda yaa..

Demikian adalah cara daftar kartu pra-kerja, dari proses registrasi terbilang cukup mudah dan pada umumnya mirip seperti kita membuat akun apapun. Yang terpenting Anda memenuhi klasifikasi, mempersiapkan KTP, mengisi form dan pertanyaan yang tersedia, dan yang terakhir adalah bersabar menunggu hasil evaluasi.

Sebagai catatan, setelah Anda resmi mendaftar dan menjadi anggota kartu pra-kerja, tidak serta-merta Anda langsung mendapat bantuan, karena semuanya masih membutuhkan proses evaluasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *