fbpx
5 Aplikasi yang dapat membantu tunanetra bekerja dan berkegiatan sehari-hari

5 Aplikasi yang dapat membantu tunanetra bekerja dan berkegiatan sehari-hari

Aplikasi tunanetra yang berfungsi sebagai alat bantu untuk saudara-saudara kita yang tidak dapat melihat, kini semakin banyak dan beragam. Fungsi dan kegunaannya pun beragam dan spesifik mulai dari aplikasi untuk membaca teks, pendeteksi, sampai perintah berbasis suara.

Tentunya tujuan dari dibuatnya aplikasi tunanetra ini untuk mempermudah aktivitas pengguna, mulai dari bekerja sampai berkegiatan sehari-hari, sehingga mereka bisa hidup lebih mandiri dan tetap produktif. Dan berikut adalah 5 aplikasi tunanetra yang bisa diunduh di smartphone penggunanya. 

5 Aplikasi tunanetra terbaik 2021

1. Command for google now

blank

Yang pertama adalah aplikasi berbasis perintah suara, ada banyak pengembang termasuk google yang membuat kecerdasan buatan seperti ini. Layaknya asisten yang dapat menerima perintah, aplikasi ini juga berperan demikian, dimana pengguna dapat memberikan perintah via suara, seperti membuka aplikasi, mengaktifkan smartphone/fitur, menelpon seseorang, mencatat, membaca, dan mengirimkan pesan.

2. Tap tap see

blank

Bagi penikmat serial drama korea Start-Up aplikasi sejenis tap-tap see mungkin sudah familiar, dimana perusahaan startup bernama samsan tech membuat aplikasi untuk tunanetra, dimana aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui atau mengenali objek dengan mengarahkan kamera ke objek tersebut. 

Cara kerja aplikasi tap-tap see juga sama seperti pada serial film tersebut, hanya dengan mengetuk 2 kali layar smartphone, aplikasi ini akan mengaktifkan kamera dan memfoto objek yang tertangkap, kemudian melakukan identifikasi objek dan akan memberitahu Anda melalui suara. 

3. Talking Notification Girl

blank

Selanjutnya ada aplikasi yang berfungsi untuk memberikan pemberitahuan dengan suara, dimana aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan ke smartphone pengguna, seperti pesan, email, telepon masuk, notifikasi dari sosial media dan lainnya. Aplikasi ini sangat membantu pengguna tetap responsif karena selalu terupdate. 

4. Lazarillo GPS for Blind

blank

Aplikasi berikut ini berfungsi sebagai penunjuk arah bagi pengguna tunanetra, dengan mengandalkan GPS dan suara, aplikasi Lazario dapat menunjukan pengguna jalan dan memberi pemberitahuan tempat-tempat yang ada di sekitar atau di dekat pengguna, seperti tempat makan, toilet umum, halte dan lainnya.

Hebatnya aplikasi ini dapat berjalan di belakang layar dan tetap aktif, walau pengguna sedang membuka atau memakai aplikasi lainnya, yang terpenting GPS pada smartphone harus tetap aktif. 

5. Ayobaca.in

blank

Ayobaca.in adalah aplikasi pembaca teks yang mengeluarkan output suara sama seperti pada teks bacaan. Aplikasi ini sangat membantu bagi pengguna netra membaca buku, berita dan lainnya. Sangat cocok dijadikan alat bantu untuk belajar dari buku, karena dapat merubah format tulisan menjadi audiobook. 

Demikian adalah 5 aplikasi tunanetra yang bisa membantu pengguna tetap produktif dan mandiri, dengan adanya aplikasi-aplikasi di atas tadi pengguna dapat melakukan banyak hal dan terus terupdate dengan informasi melalui smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *