Mau minta kenaikan gaji ? Ini dia tips yang harus diikuti dan faktor yang harus dipertimbangkan

Mau minta kenaikan gaji ? Ini dia tips yang harus diikuti dan faktor yang harus dipertimbangkan

Tips meminta kenaikan gaji – Menurut berita dari BBC bahwa rata-rata pekerja di inggris dan amerika akan mengajukan surat pengunduran diri apabila dalam 12 bulan kedepan mereka tidak mendapatkan kenaikan gaji. Di indonesia sendiri sebenarnya hal ini juga biasa terjadi, banyak pekerja resign di karenakan tidak adanya kenaikan gaji selama bekerja satu tahun. Dan jika adapun kenaikan gaji pastinya tidak sebesar apa yang di harapkan, biasanya hanya 1 sampai 2 persen saja setiap tahunnya.

Namun apabila anda adalah karyawan yang merasa memilki andil besar dalam memajukan perusahaan, dan berhak atas kenaikan gaji dengan nilai seperti yang di harapkan, maka harus ada beberapa hal yang anda pertimbangkan seperti melihat kondisi keuangan perusahaan, apabila kondisi keuangan sedang tidak baik maka kemungkinan besar permintaan anda akan di tolak, dan juga anda patut mempertimbangkan kontribusi dan prestasi anda belakangan ini sebelum melakukan pengajuan, karena ini bisa memperbesar peluang anda dalam usaha meminta kenaikan gaji.

Sebaiknya sebelum melakukan pengajuan kenaikan gaji anda sudah mempersiapkan itu sedari lama, dengan prestasi dan kinerja yang baik. Kemudian jika anda berpikir telah melakukan semua pekerjaan dengan baik, dan sudah memantapkan diri untuk melakukan pengajuan ini adalah tips meminta kenaikan gaji yang bisa anda terapkan.

5 Tips meminta kenaikan gaji yang terbukti efektif

1 ) Cari timing yang tepat

Yang pertama adalah anda harus mencari waktu yang tepat, seperti yang dikatakan di atas, anda harus menganalisa konidisi keuangan perusahaan terlebih dahulu, setelah dilihat baik-baik saja yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari waktu yang tepat untuk berbicara kepada atasan. Ini penting, karena suatu tindakan baikpun apabila dilakukan di waktu yang salah, akan menimbulkan masalah. Jadi tunggu, dan bersabar hingga anda dan atasan menemukan waktu yang tepat untuk dapat membicarakan hal yang sensitif ini.

2 ) Jangan membandingkan gaji anda dengan orang lain yang lebih tinggi

Perbedaan gaji dipengaruhi oleh banyak hal seperti geografis, jabatan, kontribusi pekerjaan, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan dan masih banyak lainnya. Jadi meminta kenaikan gaji dengan mengkomparasi dengan gaji teman anda adalah langkah yang tidak tepat, yang perlu anda lakukan hanyalah fokus kepada diri anda sendiri, fokus mengapa anda layak untuk menerima kenaikan gaji.

3 ) Jangan melakukan geretakan

Melakukan geratakan dengan mengancam pindah kerja apabila permintaan tidak dituruti adalah sebuah tindakan yang tidak bijak, karena mungkin anda bisa saja kehilangan respect dari atasan. Dan pada dasarnya tidak ada seorangpun yang suka di ancam, apabila anda menekan dengan cara seperti ini, maka peluang anda untuk bisa naik gaji justru akan semakin menipis.

4 ) Realistis

Tips meminta kenaikan gaji yang berikutnya adalah Realistis ,artian realistis ini bukan bermaksud untuk membatasi anda dalam meminta kenaikan yang diinginkan. Namun ada baiknya sebelum anda menghitung persenan terlebih dahulu menganalisa dari banyak aspek, dari keuangan perusahaan, kontribusi dari anda untuk perusahaan, dan prestasi kerja. dengan memperhitungkan 3 hal tersebut maka anda dapat menemukan angka-angka yang realistis.

5 ) Persiapkan argumen ataupun alasan 

Ketika anda mengajukan proses kenaikan gaji, maka yang terjadi biasanya adalah interview ulang mengenai negosiasi gaji. Lakukan komunikasi sebaik mungkin, persiapkan diri anda untuk pertanyaan-pertanyaan seperti “Apa prestasi kamu selama ini ?” dan “apa yang akan kamu lakukan setelah adanya kenaikan gaji ?” ,jika anda orang yang tidak terlalu baik dalam verbal, disarankan untuk mencatatnya kemudia menghafalkannya.

Demikian adalah tips kenaikan gaji dan hal apa saja yang harus anda pertimbangkan sebelum melakukan hal tersebut. Semoga artikel ini bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *